Ngopi Asyik di Kota Batu (3)

D’Goendoe Ajak Wisatawan Ngopi di Tengah Kebun Apel, Hati-Hati Bikin Betah

Jan 31, 2021 10:24
Pengunjung sedang memilih menu di tengah kebun apel D'Goendoe. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Pengunjung sedang memilih menu di tengah kebun apel D'Goendoe. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Kafe kebun D'Goendoe sangat bisa jadi pilihan bagi pengunjung yang lelah dengan suasana perkantoran atau perkotaan yang padat. Berada di tengah-tengah kebun apel, suasana sejuk dan nyaman D'Goendoe bisa bikin betah.

Lokasi D'Goendoe berada di Dusun Gundu, Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji. Jaraknya 5,3 kilometer atau 13 menit dari Alun-Alun Kota Batu.

Baca Juga : Nongkrong Bareng Serangga Raksasa, Kafe Omah Semut Ini Sajikan Desain Unik

Untuk sampai di sana, wisatawan harus melewati perkampungan karena letaknya berada di tengah kebun apel. Untungnya, saat masuk di tengah-tengah perkampungan itu ada petunjuk arahnya sehingga dipermudah untuk sampai di lokasi.

Dari luar, kafe ini layaknya sebuah rumah tinggal. Di samping rumah itu terdapat sebuah garasi dengan taman bunga yang indah. Terdapat jalan setapak yang mengantarkan pengunjung ke dalam kafe.

Saat memasuki kafe ini, mata langsung dimanjakan dengan tanaman pohon apel dan bunga mawar di sekelilingnya. Ditambah pemandangan Gunung Panderman, Gunung Arjuno, dan keindahan Kota Batu tampak hijau berkabut di kejauhan.

Yang membuat betah, saat suasana panas pun kafe ini terasa sejuk karena tempat duduknya berdekatan dengan pokok-pokok pohon buah apel. Saat musim bunga, pohon-pohon apel terlihat seperti pohon sakura dengan bunga putih.

D'Goendoe menyajikan beragam kopi arabica, robusta, serta minuman non-coffee lain mulai dari harga Rp 5 ribu hingga Rp 15 ribu. Untuk makanannya, banyak variasi mulai dari yang pedas-pedas dan kuliner khas pedesaan. Harganya pun sangat terjangkau, mulai Rp 12 ribu hingga Rp 25 ribu.

“Sesuai dengan temanya karena berada kebun apel, pertama di sini kulinernya ada olahan apel. Ada pie apel, sambel apel, juz, dan sebagainya,” ungkap Manager D’Goendoe, Evi Sari.

Di sana terdapat 20-30 meja dengan spot yang berbeda-beda, mulai dari yang berdekatan dengan pohon apel atau outdoor. Selain itu juga disediakan area indoor seperti gazebo, hingga rumah joglo.

Evi menjelaskan, hadirnya kafe seluas 2 ribu meter ini karena ingin menghadirkan tempat nongkrong dengan tema yang berbeda dengan menunjukkan ciri khas Kota Batu. Dikenal sebagai kota apel, pihak manajemen pun memilih menonjolkan kebun apel sebagai magnet utama.

Terlebih, konsep kafe di tengah kebun apel ini masih jarang ada di Kota Batu. Pihak manajemen juga ingin mengangkat pesona Dusun Gundu yang menjadi lokasi kafe, sekaligus melakukan pemberdayaan masyarakat sekitar.

Baca Juga : Dijelaskan Dalam Al-Qur'an, Begini Metode Sederhana Pengobatan Pikun

“Kafe di tengah kebun apel ini pengelolaannya masyarakat. Dari pertama pemberdayaan masyarakat mulai pegawainya, suplier, bahan makanan semua dari masyarakat Dusun Gundu. Karena untuk menyejahterakan masyarakat, dan meningkatkan perekonomian,” terangnya.

Menurut Evi, saat weekday, pengunjung yang datang ada puluhan orang. Jumlah pengunjung terbatas karena adanya pandemi Covid-19 ini. Meski begitu, yang datang bukan hanya dari Malang Raya dan sekitarnya. Ada juga wisatawan dari Jakarta, Surabaya, Papua yang berwisata ke Kota Batu dan menyempatkan mampir di sana.

“Weekend bisa sampai ratusan, harus ngantre mejanya. Pengunjung tahu dari rekomendasi maupun dari referensi dari teman sampai googling,” tutupnya.

 

Topik
Ngopi Asyik di Kota BatuKafe kebun D'GoendoeKafe Tematik di Kota BatuKafe Unikkafe di tengah kebun apel

Berita Lainnya

Berita

Terbaru