Tips Aman Nyetir Mobil Listrik saat Hujan, Biar Gak "Nyetrum"

Jan 30, 2021 15:05
Mobil listrik (Foto: Archyworldys)
Mobil listrik (Foto: Archyworldys)

INDONESIATIMES- Mobil listrik memiliki banyak sistem elektronik yang mengkhawatirkan saat musim hujan. Kendati demikian, bagi pengguna mobil listrik tak perlu khawatir. 

Lantaran produsen akan menjelaskan tips penggunaan dan perawatan mobil listrik agar tetap aman saat digunakan di musim hujan. Tentunya tips ini tak jauh beda dengan merawat mobil yang menggunakan bahan bakar biasa.

Baca Juga : BMW X7 Rakitan Lokal Dikonfirmasi akan Diproduksi dalam Waktu Dekat

"Perawatannya sebenarnya sama saja, tak ada tips khusus," kata General Manager Service Hyundai Motor Indonesia (HMID) Putra Samiaji. Seperti diketahui Hyundai menjadi salah satu produsen mobil listrik yang kini sedang hits di Indonesia.  

Diketahui saat ini HMID telah memiliki 2 mobil listrik yakni Kona Electric dan Ioniq Electric. Putra lantas mengatakan jika perawatan mobil listrik ini disarankan kepada sejumlah komponen vital yang penting saat mengemudi saat hujan.  

Sebut saja salah satunya wiper. Wiper harus dipastikan dalam kondisi prima tanpa kendala. Termasuk wiper di kaca belakang.  

Lalu air pembersih kaca juga harus diperiksa dan segera diisi ketika habis. Lantaran air itu sangat membantu pengemudi untuk membersihkan kaca yang kotor usai diguyur hujan.  

"Sama seperti kendaraan lainnya saat musim hujan pastikan karet wiper keadaan baik, cairan atau air washer juga terisi penuh," tambahnya. Selanjutnya juga perlu diperhatikan kondisi ban apakah permukaannya dalam kondisi baik atau tidak.  

Perlu dipahami jika ban botak bisa membuat daya cengkram di permukaan jalan hilang sehingga berpotensi selip. Tekanan angin ban juga perlu dicek agar bisa bekerja optimal. Pengemudi dianjurkan untuk mengecek performa pengereman.  

Baca Juga : Sepeda Listrik Baru dari Viar Motor, Begini Penampakan dan Kisaran Harganya

Tak lupa juga untuk mencuci mobil listrik usai digunakan hujan-hunanan untuk merontokkan kotoran penyebab korosi. Namun untuk mencuci mobil listrik ini dianjurkan tak menyemprot pada bagian kolong mobil dengan air bertekanan tinggi.  

Lebih lanjut, Putra juga menjelaskan jika penggunaan mobil listrik saat hujan juga tidak berbeda dari menyetir mobil konvensional. Tentunya pengemudi masih tetap bisa melintas genangan, namun dengan syarat batas ketinggian air tida lebih dari setengah roda.  

Ketinggian itu menjadi batas aman agar air tidak masuk ke komponen penting pada mobil listrik.

Topik
tips kendarai mobil listrik saat hujantips mengendarai mobil listrikmengendarai mobil listrik yang amandunia otomotif

Berita Lainnya

Berita

Terbaru