10 Pejabat Terdaftar Pencanangan, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Dilibatkan Saat Vaksinasi

Jan 29, 2021 21:26
Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat saat memaparkan kesiapan pencanangan vaksinasi besok (Sabtu 30/1/2021). (Foto: Dokumen JatimTIMES)
Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat saat memaparkan kesiapan pencanangan vaksinasi besok (Sabtu 30/1/2021). (Foto: Dokumen JatimTIMES)

MALANGTIMES - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang Wahyu Hidayat memastikan akan ada 10 pejabat yang dilibatkan saat pencanangan Vaksinasi Covid-19 besok (Sabtu 30/1/2021).

”Sudah siap 100 persen, terus terkait yang akan divaksin 10 orang itu juga sudah clear. Besok tinggal pelaksanaannya saja,” ungkapnya saat dikonfirmasi media online ini di Anusapti, Pringgitan Pendapa Agung Kabupaten Malang, Jumat (29/1/2021) malam.

Baca Juga : RSSA Malang Vaksinasi Tahap Pertama untuk 600 Orang

Dijelaskan Wahyu, ke-10 pejabat yang akan dilibatkan saat pencanangan vaksinasi Covid-19 tersebut meliputi Wakil Bupati Malang terpilih, Didik Gatot Subroto, Pelaksana tugas (Plt) Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sodikul Amin, Kajari Kabupaten Malang, Edi Handoyo, Wakapolres Malang, Kompol Toni Kasmiri, Kepala Staf Kodim 0818 Kabupaten Malang-Kota Batu Mayor Arh Joko Istianto.

Juga Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Malang Arbani Mukti, Plt Direktur RSUD Kanjuruhan Dian Suprojo, Ketua PCNU Kabupaten Malang Umar Usman, dan pemain Arema FC Arema Indonesia Dedik Setiawan.

”Ke-10 nama itu sudah disetujui oleh pusat, kabarnya sampai di Pemkab Malang hari ini. Tadi siang setelah Salat Jumat saya ke Dinkes, saya konfirmasi, dan memastikan jika sudah disetujui pusat,” jelasnya.

Nantinya, dijelaskan Wahyu, tenaga kesehatan (nakes) yang disiagakan saat vaksinasi tersebut, semuanya berasal dari RSUD Kanjuruhan. ”Ini saya lupa data pastinya soal berapa petugas vaksinatornya, hanya saja yang jelas rata-rata 1 meja ada 2 nakes dari dokter umum yang nanti akan bergantian saat pencanangan vaksin,” imbuhnya.

Untuk diketahui, seperti dalam pemberitaan sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Malang Arbani Mukti Wibowo, menyebut akan ada 4 meja yang disediakan dalam tahapan vaksinasi.

Rinciannya, meja pertama registrasi, meja ke-2 skrining kembali, meja ke-3 proses penyuntikan vaksin, dan meja ke-4 adalah untuk observasi.

Baca Juga : 1.840 Vial Vaksin Covid-19 Sinovac Dijadwalkan Tiba Hari Ini di Kota Batu

”Sesuai dengan hasil simulasi, saya minta pada saat vaksinasi setiap petugas akan didampingi oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam,” terangnya.

Nantinya, pendampingan yang dilakukan oleh dokter spesialis penyakit dalam itu, akan lebih ditekankan pada saat proses skrining di meja ke-2 dan pada saat penyuntikan vaksin.

”Kemudian pada saat verifikasi di meja ke-2 itu, mulai dari pendataan riwayat penyakit kemudian pengecekan tensi dan lain-lain, dan pada saat penyuntikan akan ada pendampingan dari dokter spesialis penyakit dalam,” paparnya.

Pelibatan dokter spesialis tersebut, dijelaskan Wahyu, dilakukan guna meminimalisir adanya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). ”Terkait pelibatan dokter spesialis penyakit dalam pada saat penyuntikannya itu, dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya KIPI,” tandasnya.

Topik
Vaksin Covid 19vaksinasi covid 19 kabupaten malangvaksin sinovac

Berita Lainnya

Berita

Terbaru