Tim Verifikasi ZI Dirjen Pendis Kemenag RI Berkunjung ke UIN Malang

Jan 29, 2021 20:13
Rektor UIN MALIKI Malang, Prof Abdul Haris saat memberikan souvernir buku puisi karangannya kepada TIM Verifikator ZI Dirjen Pendis Muhammad Aziz Hakim, MH (Ist)
Rektor UIN MALIKI Malang, Prof Abdul Haris saat memberikan souvernir buku puisi karangannya kepada TIM Verifikator ZI Dirjen Pendis Muhammad Aziz Hakim, MH (Ist)

MALANGTIMES - Tim verifikator Zona Integritas (ZI) Dirjen Pendidikan Islam (Pendis) Kemenag RI, Muhammad Aziz Hakim, MH, mendatangi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN MALIKI) Malang, Jumat (29/1/2021). 

Kedatangannya tersebut, disambut langsung oleh Rektor UIN MALIKI Malang, Prof Abdul Haris didampingi Wakil Rektor (WR) Bidang Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan (AUPK) Dr Ilfi Nurdiana, MSi.

Baca Juga : Kabar Gembira bagi Mahasiswa, UIN Malang Keluarkan Kebijakan Penyesuaian UKT

 

Kedatangan Tim Verifikasi ZI Dirjen Pendis Kemenag RI itu, untuk melakukan tahapan verifikasi awal terkait komitmen UIN MALIKI Malang untuk mewujudkan ZI di lingkungan kampus.

Sebagaimana informasinya bahwa saat ini kampus Islam yang belum lama ini mendapatkan predikat PTKIN dengan mahasiswa asingnya terbanyak di ajang ADIKTIS 2020 kemarin, kini sedang bertekad bulat dan berikhtiar penuh untuk membangun Zona Integritas mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi(WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Kali ini Fakultas Syariah ditunjuk oleh rektor UIN Maliki sebagai Pilot Project awal pembangunan ZI.

"Saya memilih Fakultas Syariah sebagai Pilot Project dalam mengawali proses pembangunan Zona Integritas di UIN Maliki ini karena memang fakultas itu memiliki keunggulan tersendiri dibanding fakultas lainnya yang ada di sini," ungkap  Rektor UIN MALIKI Malang, Prof Abdul Haris.

Komitmen UIN MALIKI Malang terkait Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas (RBZI) pun sudah terbukti jelas dengan komitmen yang jelas terikrar bersamaan dengan upacara peringatan HAB Kemenag ke-75. Saat itu, telah dilakukan deklarasi Zona Integritas UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Dalam kegiatan tersebut, Rektor membacakan naskah deklarasi Zona Integritas, Menetapkan dan Menandatangani Maklumat Pelayanan Berkualitas, penandatanganan pakta integritas oleh rektor dan jajaran pimpinan serta Penandatanganan Komitmen Bersama Pembangunan Zona Integritas di UIN MALIKI Malang.

Sementara itu, sebelum dimulainya tahapan verifikasi awal, Rektor yang gemar menulis dan membaca puisi tersebut memaparkan secara singkat upaya-upaya dalam proses mewujudkan ZI, di mana paparan didampingi oleh perwakilan dari Tim Penilaian Mandiri Pelaksanaan Zona Integritas (PMPZI).

"Saya berharap kehadiran Pak Aziz di sini nanti dalam proses verifikasi tahap awal pembangunan Zona Integritas bisa memberikan saran, masukan dan evaluasi serta support kepada kami khususnya tim PMPZI UIN MALIKI sebelum tiba tahap penilaiannya nanti," bebernya.

Baca Juga : Hafiz Quran di Kota Malang Terima Insentif Rp 1 Juta/Bulan

 

Setelah itu, tim verifikasi kemudian melaksanakan verifikasi yang dilakukan di ruang rapat Kantor Satuan Pengawas Internal (SPI). Dalam tahapan verifikasi tersebut turut serta Wakil Rektor AUPK, Ketua SPI, Wakil Ketua dan Sekretaris Tim Pilot Project serta staf yang tergabung dalam tim PMPZI UIN Maliki Malang.

 

 

 

Topik
Zona Integritaszona integritas uin malangUIN Maliki Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru