Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Bentuk Tim Simulasi, 178 Nakes RS Karsa Husada Vaksin Pekan Mendatang

Penulis : Irsya Richa - Editor : Lazuardi Firdaus

29 - Jan - 2021, 19:25

Kepala Dinas Kesehatan saat disuntikkan vaksin Covid-19 Sinovac oleh tenaga kesehatan di rumah dinas Wali Kota Batu, Kamis (28/1/2021). (Foto: istimewa)
Kepala Dinas Kesehatan saat disuntikkan vaksin Covid-19 Sinovac oleh tenaga kesehatan di rumah dinas Wali Kota Batu, Kamis (28/1/2021). (Foto: istimewa)

BATUTIMES - Vaksinasi Covid-19 Sinovac telah disuntikkan kepada tenaga kesehatan di lima puskesmas di Kota Batu. Namun berbeda dengan rumah sakit rujukan Covid-19 di Kota Batu yang rencananya baru akan dilaksanakan pada Senin (1/2/2021) mendatang.

Seperti halnya rumah sakit rujukan Covid-19 di Karsa Husada yang baru mendapatkan distribusi vaksin pada Senin. Rencananya yang akan divaksin sebanyak 178 tenaga kesehatan di RS Karsa Husada. 

Baca Juga : 1.840 Vial Vaksin Covid-19 Sinovac Dijadwalkan Tiba Hari Ini di Kota Batu

“Untuk di RS Karsa Husada yang akan menerima vaksin ada 178 tenaga kesehatan. Tapi yang kami utamakan di ruang isolasi Covid-19, ICU, dan di laboraturium,” ungkap Direktur RS Karsa Husada, Tries Anggraini. 

Ia menambahkan, saat melakukan vaksinasi kepada tenaga kesehatan akan dilakukan pengelompokkan. Rencananya dibuat tiga kelompok, misalnya satu kelompok untuk mereka yang langsung bersentuhan dengan pasien Covid-19.

“Saat satu kelompok selesai baru satu kelompok berikutnya. Rencananya vaksinasi akan berlangsung selama tiga hari, Senin, Selasa dan Rabu,“ imbuhnya. 

Menurutnya, sebelum pelaksanaan vaksinasi dimulai RS Karsa Husada telah membentuk tim simulasi. Tim simulasi ini dibentuk agar pelaksanaan vaksinasi Senin mendatang sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat. 

Dinas Kesehatan Kota Batu telah mendaftarkan 2.040 tenaga kesehatan di Kota Batu yang tersebar di puskesmas dan rumah sakit. Nantinya tempat pelayanan kesehatan itu yang akan memberikan fasilitas vaksinasi Covid-19 Sinovac.

Baca Juga : Sepekan Masuk Zona Kuning, Kota Batu Kembali Masuk Risiko Sedang Covid-19

Lima puskesmas tempat vaksinasi nanti adalah Puskesmas Batu, Sisir, Beji, dan Bumiaji. Empat rumah sakit rujukan itu juga telah melakukan kerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Yakni RS Karsa Husada, RS Hasta Brata, RS Baptis, dan RS dr Etty Asharto.

Sedang vaksinasi perdana telah dilakukan pada Kamis (28/1/2021) di pendapa rumah dinas Wali Kota Batu. Di hari pertama itu yang mendapatkan vaksinasi 9 orang forum komunikasi pimpinan daerah dan 125 tenaga kesehatan. 


Topik

Kesehatan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Lazuardi Firdaus