Sekda Kabupaten Malang Pastikan Vaksin Aman, ini Kemungkinan yang Dirasakan Paska Vaksinasi

Jan 29, 2021 19:19
Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat saat menjelaskan kesiapan vaksinasi. (Foto: Ashaq Lupito/ JatimTIMES)
Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat saat menjelaskan kesiapan vaksinasi. (Foto: Ashaq Lupito/ JatimTIMES)

MALANGTIMES - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang Wahyu Hidayat, memastikan keamanan dari vaksin Covid-19 yang akan mulai dicanangkan mulai besok (Sabtu 30/1/2021).

Selain itu, pihaknya berani menjamin jika peserta yang akan divaksin memenuhi ketentuan, dipastikan tidak akan ada efek samping.

Baca Juga : 1.840 Vial Vaksin Covid-19 Sinovac Dijadwalkan Tiba Hari Ini di Kota Batu

”Kalau itu (vaksinasi) ada jaminan tidak ada efek samping, karena memang sampai dengan saat ini setelah dari 30 menit itu tidak ada gejala Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI),” tegasnya.

Hanya saja, dijelaskan Wahyu, meski tidak ada insiden KIPI yang terhitung parah, namun pihaknya tidak memungkiri jika paska disuntik vaksin sinovac yang berasal dari Cina itu, akan terasa keram.

”Jadi beberapa hal yang lain sampai dengan saat ini juga tidak ada yang sampai menimbulkan efek samping, mungkin hanya kemeng-kemeng (keram, red) gitu aja,” jelas pria yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang ini.

Meski diyakini tidak sampai menimbulkan KIPI, namun Wahyu tetap menginstruksikan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang dan pihak yang terkait lainnya, untuk lebih mempersiapkan tentang tahapan skrining.

”Kalau yang lama di tahap skringnya, karena memasukkan data dari pertanyaannya banyak. Belum lagi dilakukan tes kesehatan seperti tekanan tensi, dan lain-lainnya. Sebab sebelum menerima vaksin, harus dipastikan kondisi calon penerimanya melalui skrining,” jelasnya.

Baca Juga : Sepekan Masuk Zona Kuning, Kota Batu Kembali Masuk Risiko Sedang Covid-19

Selain memastikan tahapan skrining berjalan sesuai ketetapan, nantinya saat proses vaksinasi berlangsung juga akan dilibatkan para dokter guna mengantisipasi KIPI.

”Ada beberapa arahan, saya minta ada pendampingan dari dokter pada saat vaksinasi. Jadi kalau ada kesalahan (KIPI) akan langsung diarahkan oleh dokter penyakit dalam yang juga disiagakan di sana,” tandasnya.

 

Topik
Vaksin Covid 19vaksin sinovacvaksinasi kabupaten malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru