Satgas Covid Kota Malang: Vaksin Bentuk Herd Immunity hingga 70 Persen

Jan 29, 2021 14:36
Juru Bicara Gugus Satgas Covid-19 Kota Malang dr Husnul Muarif. (Ahmad Amin/MalangTIMES).
Juru Bicara Gugus Satgas Covid-19 Kota Malang dr Husnul Muarif. (Ahmad Amin/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Pelaksanaan vaksinasi covid-19 di Kota Malang disinyalir ampuh membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok. Bahkan, efektivitas itu mencapai 70 persen apabila vaksinasi secara merata telah tersalurkan kepada masyarakat.

"Bagaimana efektivitasnya? (Vaksin Sinovac untuk pencegahan covid-19) sangat efektif.  Mana kala semua masyarakat yang sudah memenuhi kriteria, tercapai 70 persen. Itu yang disebut herd immunity atau kekebalan kelompok," ujar Juru Bicara Gugus Satgas Covid-19 Kota Malang dr Husnul Muarif.

Baca Juga : Sepekan Masuk Zona Kuning, Kota Batu Kembali Masuk Risiko Sedang Covid-19

Tahap awal ini,  kata Husnul, vaksin akan diberikan kepada kelompok prioritas, yakni tenaga kesehatan (nakes) di Kota Malang. Baru setelahnya akan menyasar hingga  masyarakat umum secara bertahap. "Itu nanti (masyarakat yang memenuhi syarat vaksinasi) yang akan menjadi sasaran di Pemerintah Kota Malang untuk tercapainya herd immunity," imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, beberapa syarat utama untuk mendapatkan vaksin covid-19 yakni berdasarkan usia yakni mulai 19 hingga 59 tahun. Kemudian tidak memiliki komorbid atau penyakit penyerta, bukan ibu hamil, dan belum pernah terjangkit covid-19.

Lebih jauh, pria yang juga menjabat sebagai direktur RSUD Kota Malang ini mengungkapkan bahwa  pemberian vaksin ini sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Namun, tak dapat dipungkiri vaksin Dinovac yang digunakan di Indonesia ini juga memberikan efek samping. Hanya, efeknya elatif ringan. Tak jauh berbeda dengan apa yang dialami penerima vaksin sesaat sesudah melakukan imunisasi umum lainnya.

"Kalau efeknya vaksin, semua memberikan efek. Namun Sinovac ini efeknya hanya ringan. Dari hasil riset uji klinis, efek samping Sinovac itu hanya demam," pungkas Husnul.

Baca Juga : Besok, Paket Vaksin Covid-19 Sinovac Tahap II akan Tiba di Kota Batu

Untuk diketahui, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang hingga saat ini terus melakukan updating data bagi warga Kota Malang yang akan penerima vaksin. Data yang sudah dikantongi yakni sejumlah 571.098 orang.

Jumlah tersebut disesuikan dengan ketentuan usia penerima vaksin yakni di usia 19 sampai 59 tahun. Sejumlah penduduk tersebut masih akan diseleksi lagi sesuai dengan kriteria penerima vaksin covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Topik
Satgas Covid Kota Malangdr Husnul MuarifVaksinasi Covid 19herd immunity
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru