Butuh Sekitar 200 Vaksinator, Dinkes Kota Malang Bakal Gelar OJT

Jan 29, 2021 11:14
Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, Sri Winarni. (Ahmad Amin/MalangTIMES).
Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, Sri Winarni. (Ahmad Amin/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Seiring dengan dimulainya vaksinasi Covid-19 di Kota Malang sejak Kamis (28/1/2021) kemarin, vaksinator bakal ditambah.

Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, saat ini proses vaksinasi bisa dilakukan di 84 Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes) di Kota Malang. Di antaranya, di 16 Puskesmas, 25 Rumah Sakit, dan 43 klinik kesehatan.

Baca Juga : Pemkab Malang Upayakan Warga bukan Peserta BPJS Divaksin Sinovac

Dari jumlah tersebut vaksinator yang bertugas untuk melakukan vaksinasi rupa-rupanya masih dirasa kurang. "Untuk puskesmas itu di masing-masing ada 5 vaksinator di 16 Puskesmas. Lalu, RSSA ada 10 vaksinator, sisanya akan kita adakan pelatihan," ujar Plt Kepala Dinkes Kota Malang Sri Winarni.

Artinya, guna mempermudah pelayanan vaksinasi itu masih dibutuhkan lebih dari 200 vaksinator di setiap Fasyankes yang telah terpilih. Dalam hal ini, kata Winarni Dinkes Kota Malang bakal menggelar On Job Training (OJT) terhadap tenaga kesehatan (Nakes) untuk pelatihan vaksinator.

“Kalau rumah sakit itu rata-rata 10 vaksinator,” ujarnya.

"Nanti kita imbau semua rumah sakit maupun klinik sebanyak-banyanya untuk kirim vaksinator. Jadi lebih dari 200 yang ikut OJT.  Supaya semua segera tervaksinasi," imbuh perempuan yang juga menjabat sebagai Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkot Malang itu.

Sebagai informasi, penerima vaksin di tahap pertama ini merupakan golongan prioritas yakni sebanyak 12.520 Nakes. Jumlah tersebut dari pendaftar sebanyak 13.306 Nakes yang telah terverifikasi dari Kementerian Kesehatan.

Baca Juga : Hadiri Pra Musrenbang, Wawali Bung Edi Beri Penekanan Dua Hal

Nantinya, kebutuhan vaksin Covid-19 tahap pertama yang diperlukan sejumlah 25.040 dosis. Kota Malang baru menerima sejumlah 10.240 dosis, sedangkan sisanya akan segera disalurkan kembali oleh provinsi Jawa Timur untuk memenuhi target pelaksanaan vaksinasi hingga akhir Februari 2021 mendatang.

Topik
vaksinator kota malangvaksinasi di kota malangDinkes Kota Malangdinkes gelar ojt vaksinatorberita vaksinasi kota malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru