12.520 Nakes Kota Malang Mulai Divaksin Hari Ini

Jan 28, 2021 14:00
Petugas kesehatan (ber-APD) saat melakukan skrining sebelum vaksinasi kepada Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika. (Foto: Ahmad Amin/MalangTIMES).
Petugas kesehatan (ber-APD) saat melakukan skrining sebelum vaksinasi kepada Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika. (Foto: Ahmad Amin/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Pelaksanaan  vaksinasi covid-19 tahap pertama di Kota Malang resmi dimulai. Hal tersebut ditandai dengan proses vaksinasi secara simbolis kepada 11 pejabat publik dan tokoh masyarakat Kota  Malang di Mini Block Office, hari ini (Kamis, 28/1/2021).

Dengan dimulainya vaksinasi hari ini, dimulai pula proses vaksinasi kepada prioritas pertama, yakni kepada tenaga kesehatan (nakes) di Kota Malang. Vaksinasi nakes bisa dilakukan di 84 fasilitas layanan kesehatan (fasyankes). Rinciannya,  16 puskesmas di Kota Malang, 25 rumah sakit, dan 43 klinik layanan kesehatan yang telah terdaftar untuk melakukan pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Baca Juga : Tim Kesehatan Kota Malang Lakukan Simulasi Vaksin Covid-19

 

"Langsung setelah ini, dilakukan untuk tenaga kesehatan per hari ini hingga akhir Februari 2021 mendatang. Vaksinasi bisa dilakukan di fasyankes di Kota Malang," ungkap Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang Sri Winarni.

Sri Winarni menjelaskan, hingga hari ini nakes di Kota Malang yang telah terdaftar untuk divaksinasi melalui SISDMK (sistem informasi sumber daya manusia kesehatan) sejumlah 13.306. Dari jumlah tersebut, yang telah terverifikasi untuk melakukan vaksinasi ada 12.520. Jadi, vaksinasi bisa dilakukan secara bergantian.

"Sasaran target sampai 28 Januari ini ada 12.520 orang. Sehingga vaksin yang dibutuhkan di Kota Malang pada tahap awal ini sejumlah 25.040," imbuhnya.

Namun, jumlah dosis vaksin yang diterima di Kota Malang baru 10.240 vaksin Sinovac. Masih ada 14.800 dosis vaksin yang masih menunggu dikirim dari Provinsi Jawa Timur.

"Karena pengiriman vaksin itu dari provinsi menyesuaikan coolchain kita. Punya kita kapasitasnya 10.240 dan itu sudah dikirim. Dan kalau itu sudah didistribusikan ke fasyankes, nanti bisa diisi lagi. Jadi, kita segera mintakan," kata Sri Winarni.

Baca Juga : Terkait Herd Immunity, 1,8 Juta Lebih Warga Kabupaten Malang Harus Divaksin

 

Diketahui, sederet  pejabat dan tokoh masyarakat yang menjalani vaksinasi pada hari ini yakni Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika, Kajari Kota Malang Andi Dharmawangsa, Dandim 0833 Kota Malang Letkol Arm Ferdiyan Primadhona. Kemudian, Ketua Pengadilan Negeri Malang Nuruli Mahdilis, perwakilan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Malang Raya dr Djoko Heri Hermanto.

Selanjutnya dari tokoh agama, dari perwakilan  Muhammadiyah, ada  Wakil Ketua PD Muhammadiyah Kota Malang Baroni. Juga Ketua PCNU Kota Malang Isroqunnajah dan perwakilan influencer, yakni pengusaha Juragan 99 Gilang Widya Pramana.

Ada pula perwakilan dari Persatuan Gizi Kota Malang Rosidah Inayati. Serta, perwakilan dari kelompok disabilitas tunanetra, yakni Anjar Rahmansyah.

Topik
Vaksinasi tenaga kesehatanDinas Kesehatan kota malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru