1.066 Usulan Masuk di Pra-Musrenbang Kecamatan Lowokwaru, Wawali Sampaikan Prioritas Ini

Jan 28, 2021 13:37
(Dari kiri) Camat Lowokwaru Joao Maria Gomes de Carvalho, Wawali Sofyan Edy Jarwoko, anggota DPRD Kota Malang Ahmad Fuad Rahman, dan Kabid Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi (Bappeda Kota Malang Nina Sugiarty .
(Dari kiri) Camat Lowokwaru Joao Maria Gomes de Carvalho, Wawali Sofyan Edy Jarwoko, anggota DPRD Kota Malang Ahmad Fuad Rahman, dan Kabid Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi (Bappeda Kota Malang Nina Sugiarty .

Ada 1.066 usulan pembangunan dalam pra-musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) tahun 2021 untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022 di Kecamatan Lowokwaru. Pra-musrembang itu  digelar hari ini, Kamis (28/1/2021) di Kecamatan Lowokwaru. 

Namun, dalam kegiatan itu, Wakil Wali Kota Malang (Wawali) Sofyan Edy Jarwoko yang hadir memberikan penekanan tentang prioritas usulan. Dia menegaskan, saat ini bencana kesehatan, yakni pandemi covid-19, begitu mengkhawatirkan dan tak bisa dianggap remeh. Sebab, yang dihadapi adalah sesuatu yang tak terlihat. Hal ini beda dengan bencana alam seperi banjir. "Ini satu kondisi yang extraordinary. Saya betul ingatkan ini," tandasnya.

Baca Juga : Hadiri Pra Musrenbang, Wawali Bung Edi Beri Penekanan Dua Hal

Lebih lanjut dijelaskan, hal yang paling urgen saat ini adalah mampu melihat atau memotret kondisi hari ini. Seperti diketahui, kondisi hari ini, Indonesia dan dunia lainnya mengalami pandemi covid-19.

"Penanggulangan covid-19 merupakan prioritas. Artinya, keselamatan warga masyarakat menjadi hal yang utama," ungkap wawali.

Sofyan Edi menyebut dampak covid 19 begitu sangat luar biasa. Semua aspek, baik sosial, ekonomi, maupun sektor pendidikan, terimbas dengan adanya pandemi covid-19. Karena itu, hal ini harus ditangani secara serius. Hal ini menjadi bagian terpenting dan prioritas. "Kulo pesen niki (saya pesan itu)," ucapnya dalam sambutan.

Menurut Edi, perlunya usulan prioritas tersebut lantaran dibuktikan dengan angka kemiskinan yang naik. Dari 4,07 persen, saat ini menjadi 4,4 persen. Juga jumlah angka kematian yang naik. Tak hanya itu. Banyak juga mereka yang menjadi korban PHK yang itu tururt menyumbang angka pengangguran.

"Angka pengangguran naik. Kalau angka penduduk sekitar 840 ribu sampai 850 ribu penduduk, maka ada 9,6 persen yang menganggur. Dan itu mereka yang baru lulus," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Malang Nina Sugiarty menambahkan, pihaknya hanya memverifikasi usulan-usulan yang masuk dalam aplikasi  Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD). Dimulai dari pra-musrenbangcam yang dilaksanakan paling lambat 6 Februari 2021 sampai setelah pelaksanaan musrenbang di seluruh kelurahan yang ada di kecamatan tersebut.

Baca Juga : Sistem Baru, Pemkot Batu Luncurkan Aplikasi SIPD untuk Perangkat Desa

"Jadi, kalau misalnya ada usulan ditolak, mungkin bisa ada dobel pengusulan. Tapi tugas kami di Bappeda untuk verifikasi usulan. Artinya di sini harus membuat usulan yang skala prioritas. Jadi,bkami harapkan dengan SIPD ini, kelurahan bisa membuat skala prioritasnya apa," jelas dia.

Setelah pra-musrenbang ini, maka selanjutnya akan dilaksanakan musrenbang. Kemudian dilanjutkan musrenbang tingkat kota yang diperkirakan sekitar April.

 

Topik
Pra Musrenbang Kecamatan LowokwaruWakil Wali Kota MalangSofyan Edy JarwokoRencana Kerja Pemerintah Daerah

Berita Lainnya

Berita

Terbaru