Resmi, Vaksinasi Covid-19 di Kota Malang Dimulai

Jan 28, 2021 12:50
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko saat divaksin covid-19. (Ahmad Amin/MalangTIMES).
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko saat divaksin covid-19. (Ahmad Amin/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Vaksinasi covid-19 di Kota Malang dimulai. Tak kurang ada 11 pejabat dan tokoh publik yang mengikuti proses vaksinasi yang digelar di Mini Block Office hari ini (Kamis, 28/1/2021).

Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika yang pertama divaksin. Kemudian disusul oleh Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko dan sederet tokoh lainnya secara bergantian.

Baca Juga : Pencanangan Vaksinasi Covid-19, Bupati Sanusi: Siap kalau Ada Vaksin untuk Usia 60 Tahun

Sebelum divaksin, pertama, para calon penerima vaksin datang ke meja registrasi untuk melakukan urusan admnistrasi. Kemudian mereka beralih ke meja skrining kesehatan.

Dalam  pelaksanaan vaksinasi tersebut, tidak kurang ada 15 petugas kesehatan ber-APD lengkap yang diturunkan dan menempati pos masing-masing.

Proses skrining ini sejatinya sama bagi siapa saja yang nanti akan menjalani vaksinasi. Beberapa pertanyaan mengenai kesehatan peserta diberikan untuk memastikan kondisi tubuh calon penerima vaksin benar-benar sehat. Usai skrining, barulah dilakukan vaksin oleh petugas kesehatan di bahu sebelah kiri. 

Wawali Sofyan Edi mengaku sempat merasa tegang sesaat sebelum prosesi penyuntikan vaksin. "Agak sedikit tegang. Mungkin di prosesi saat ini tadi seremonial ya," ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, selain tahapan menjelang vaksinasi, setelah divaksin, penerima vaksin juga masih harus menjalani observasi. Hal tersebut guna mengetahui apakah ada reaksi berlebih terhadap vaksin yang telah disuntikkan.

Dalam hal ini, pria yang akrab disapa Bung Edi itu mengatakan sempat merasakan reaksi di tubuhnya. Yakni, tubuhnya terasa hangat. "Setelah dilakukan vaksin, memang betul apa yang disampaikan para medis, harus ada observasi sekitar 30 menit. Karena memang ada adaptasi. Badan terasa hangat. Terasalah di dalam tubuh itu. Kalau anak kecil, sebutannya summer," ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji dalam sambutan pembukaan vaksinasi covid-19 kali ini menyampaikan bahwa masyarakat umum  tidak perlu khawatir akan pelaksanaan vaksinasi. Nantinya, vaksin covid-19 akan menyasar kepada masyarakat umum secara bertahap.

"Saya sampaikan untuk masyarakat tidak perlu khawatir. Nanti semua masyarakat akan mendapat vaksin. Kami hadirkan semua tokoh dan pejabat di sini untuk menunjukkan bahwa vaksin ini aman. Dan ini ikhtiar kita untuk upaya menekan penyebaran vovid-19," katanya.

Dengan dimulainya vaksinasi hari ini, dimulai pula vaksinasi kepada prioritas pertama, yakni  tenaga kesehatan (nakes) di Kota Malang. Vaksinasi nakes bisa dilakukan di 84 fasilitas layanan kesehatan (fasyankes).

Baca Juga : Tim Kesehatan Kota Malang Lakukan Simulasi Vaksin Covid-19

"Langsung setelah ini, dilakukan untuk tenaga kesehatan per hari ini hingga akhir Februari 2021 mendatang. Vaksinasi bisa dilakukan di fasyankes di Kota Malang," ungkap Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang Sri Winarni.

Diketahui, selain kedua tokoh pejabat tersebut, sederet tokoh lainnya yang juga menjalani vaksinasi pada hari ini. Mereka adalah Kajari Kota Malang Andi Dharmawangsa, Dandim 0833 Kota Malang Letkol Arm Ferdiyan Primadhona, Ketua Pengadilan Negeri Malang Nuruli Mahdilis, perwakilan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Malang Raya dr Djoko Heri Hermanto.

Selanjutnya dari tokoh agama, ada Wakil Ketua PD Muhammadiyah Kota Malang Baroni, Ketua PCNU Kota Malang Isroqunnajah, perwakilan influencer, yakni pengusaha Juragan 99 Gilang Widya Pramana.

Ada pula perwakilan dari Persatuan Gizi Kota Malang Rosidah Inayati. Serta perwakilan dari kelompok disabilitas tunanetra, yakni Anjar Rahmansyah.

Topik
vaksinasi covid 19 di kota malangWakil Wali Kota MalangSofyan Edi JarwokoDPRD Kota MalangI Made Riandiana Kartika

Berita Lainnya

Berita

Terbaru