Wali Kota Batu Keluarkan Surat Edaran PPKM Tahap II

Jan 26, 2021 19:20
Suasana saat malam hari pada pelaksanaan PPKM di Kota Batu. (Foto: istimewa)
Suasana saat malam hari pada pelaksanaan PPKM di Kota Batu. (Foto: istimewa)

BATUTIMES - Wali Kota Batu mengeluarkan Surat Edaran (SE) terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Tahap II untuk pengendalian penyebaran covid-19 di Kota Batu, Selasa (26/1/2021). Masa berlaku PPKM Tahap II mulai 26 Januari hingga 8 Febaruari 2021 mendatang. 

Tidak berbeda jauh dari sebelumnya, yang sedikit membedakan hanya jam operasional malam bertambah satu saja atau sampai pukul 20.00.  SE itu dengan nomor: 440/160/422.031/2021 tentang perpanjangan PPKM di Kota Batu. “Kalau semula jam operasional kegiatan restoran (makan/minum) sampai pukul 19.00. Diperpanjag sampai jam 20.00,” ucap Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko.

Baca Juga : Satpol PP Kabupaten Malang tak Pusingkan Dana PPKM yang belum Cair

Jam operasional ini juga berlaku pada kegiatan operasional pusat perbelanjaan hingga pukul 20.00. “Sedangkan kalau dimakan di tempat hanya 25 persen dari kapasitas,” imbuhnya.

Lalu, kegiatan kantor dari jumlah keseluruhan karyawan, hanya 25 persen yang masuk kantor. Sedangkan 75 persennya WFH (work from home). Dengan melakukan protokol kesehatan lebih ketat. 

Kemudian mengijinkan tempat ibadah untuk dilaksanakan pengaturan pembatasan kapasitas sebesar 50 persen, juga menerapkan protokol kesehatan lebih ketat. Untuk kegiatan di fasilitas umum dan kegiatan sosial budaya yang dapat menimbulkan kerumunan dihentikan sementara.

Meskipun Kota Batu selama PPKM tahap I telah berhasil meningkatkan status dari zona oranye atau risiko sedang menjadi zona kuning atau risiko rendah, Dewanti meminta kepada warganya agar warganya tetap melaksanakan protokol kesehatan 3M (mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak).

Baca Juga : PPKM Jilid 2, PKL di Kota Malang Boleh Jualan di Atas Jam Malam, ini Syaratnya

“Meskipun sudah masuk zona kuning, jangan lengah. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan ketat dengan memberlakukan 3M,” imbaunya.

Sedang selama PPKM tahap II, operasi yustisi oleh tim gabungan dari Satpol PP, TNI, Polri, Dinas Perhubungan, BPBD Kota Batu dan sebagainya tetap dilakulan dalam dua kali sehari. Yakni pada pagi dan malam untuk mendisiplinkan warga yang melanggar SE. 

Topik
Berita Batu Wali Kota Batu ppkm jilid 2 ppkm malang raya

Berita Lainnya

Berita

Terbaru