Hafiz Quran di Kota Malang Terima Insentif Rp 1 Juta/Bulan

Jan 26, 2021 19:23
Pertemuan Wali Kota Malang Sutiaji bersama Hafiz Quran di wilayah Kota Malang, Selasa (26/1/2021). (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).
Pertemuan Wali Kota Malang Sutiaji bersama Hafiz Quran di wilayah Kota Malang, Selasa (26/1/2021). (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).

MALANGTIMES - Program 1 RW 1 Hafiz Quran yang digagas Pemerintah Kota (Pemkot) Malang sejak 2019 lalu berbuah hasil. Di awal tahun 2021 ini, sudah tercatat setidaknya 56 penghafal Al-Quran dari seluruh wilayah di Kota Malang.

Wali Kota Malang Sutiaji mengungkapkan, ke-56 penghafal Al Quran tersebut mayoritas memang merupakan santri. Pihaknya memberikan insentif bagi para hafiz quran senilai Rp 1 juta per bulan.

Baca Juga : Memprihatinkan, Kesejahteraan Guru Honorer di Kota Batu Perlu Ditingkatkan

"Yang terkumpul 56 Penghafal Al Quran dan dia punya santri. Sementara yang bisa kita bantu hafiznya dulu, kita kasih insentif Rp 1 juta per bulan" ujarnya dalam kegiatan silaturahmi bersama 56 Hafiz Quran di Mini Block Office Kota Malang, Selasa (26/1/2021).

Sebelumnya, di tahun 2020, para hafiz quran juga diberikan insentif selama tiga bulan. Dari situlah, Sutiaji menginginkan progam 1 RW 1 Hafiz Quran tersebut terus diberikan insentif secara berkala. Ia juga meminta, pihak kelurahan setempat untuk melakukan pemantauan terkait program yang sudah berjalan kurang lebih selama satu tahun terakhir ini.

"Kami minta nanti ke depan ada di kelurahan-kelurahan itu tolong menghafal, di mana nanti seterusnya kita pantau dalam rangka untuk menciptakan 1 RW, 1 Hafizil Quran," imbuhnya.

Potensi untuk mewujudkan program 1 RW 1 Hafiz Quran dinilai Sutiaji sejatinya bisa terus digalakkan di Kota Malang. Mengingat, banyaknya surau, langgar, musala dan masjid‚Äź masjid yang telah memiliki Taman Pendidikan Quran (TPQ). Bahkan, untuk memperkuat program tersebut, Sutiaji meminta adanya informasi jika ada peserta didik yang mengalami kesulitan pembiayaan.

Baca Juga : BOS Kabupaten Malang Sudah Cair Seminggu Lalu, untuk Sekolah di Bawah Kemenag Cair Awal Desember

"Nanti anak-anak yang ngaji, yang punya niat bener-bener Hafiz Quran, tapi pembiayaan kurang tolong disampaikan ke kami. Mudah-mudahan kami bisa berikan solusi," pungkasnya.

Topik
hafiz quran insentif hafiz quran hafiz quran kota malang insentif hafiz quran kota malang Walikota Malang Sutiaji berita pendidikan kota malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru