Dianggarkan 4,45 Miliar Rupiah, Cangar Bakal Miliki Tempat Berendam VIP

Jan 26, 2021 16:43
Wisatawan saat berendam di Pemandian Air Panas Cangar beberapa saat lalu. (Foto: dok MalangTIMES)
Wisatawan saat berendam di Pemandian Air Panas Cangar beberapa saat lalu. (Foto: dok MalangTIMES)

BATUTIMES - Pemandian Air Panas Cangar menjadi salah satu destinasi unggulan di Kota Batu. Karena itu rencananya tempat wisata yang ada di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji bakal tambah fasilitasnya.

Fasilitas yang akan ditambah adalah tempat berendam kelas VIP. Anggaran yang digelontorkan dilihat dari Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan, renovasi Pemandian Air Panas Cangar mencapai Rp 4,45 miliar.

Baca Juga : Air Terjun Sumber Pitu, Destinasi Wisata Alami yang Berada di Kecamatan Tumpang

Anggaran tersebut dari Pemprov Jatim dengan leading sector-nya dari Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya Provinsi Jatim. “Akan ada pembangunan fasilitas khusus untuk VIP, lalu ada renovasi untuk pembongkaran kamar mandi dan musala,” ungkap Petugas Pemandian Air Panas Cangar, Wagiman.

Rencananya pembangunan itu akan berlangsung pada bulan Juni mendatang. Sedangkan untuk saat ini mata air yang digunakan untuk pemandian wisatawan memiliki empat level suhu. Mulai dari 38 derajat, 40 derajat, 46 derajat, dan paling tinggi 48 derajat celcius.

Untuk kolam dengan suhu terendah yakni 38 derajat celcius, berada di kolam pemandian khusus wanita. Lalu untuk kolam dengan suhu 40 derajat celcius berada di kolam umum sebelah barat, berdampingan dengan kolam bersuhu 46 derajat celcius di kolam umum sebelah timur.

Yang lainnya untuk sumber air bersuhu tertinggi yakni 48 derajat celcius, mengairi dua kolam. Yakni kolam di area khusus dengan konsep kolam renang modern, dan juga mengalir ke kolam anak-anak.

Baca Juga : Dukung Protokol Kesehatan, Dua Hotel di Kota Malang Dapat Penghargaan

Selain pemandian, di sana terdapat makanan khas yang dijual yakni tape ketan hitam atau badeg khas Batu. Untuk bisa masuk ke sana wisatawan harus merogoh kocek sebesar Rp 10 ribu per orangnya.

Agar bisa ke sana, tentunya bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat sambil menikmati pemandangan perbukitan yang indah dengan hawa yang sangat dingin.

Topik
pariwisata kota batu wisata cangar

Berita Lainnya

Berita

Terbaru