Kamis Lusa, Vaksinasi Tahap Awal di Kota Malang Dimulai

Jan 26, 2021 10:59
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Foto: Shutterstock/Blue Planet Studio).
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Foto: Shutterstock/Blue Planet Studio).

MALANGTIMES - Pelaksanaan vaksinasi di Kota Malang dijadwalkan lebih awal. Rencananya, vaksinasi yang akan dimulai kepada para pejabat dan tokoh masyarakat itu akan dilangsungkan pada Kamis (28/1/2021) lusa.

"Vaksin tanggal 28, hari Kamis. Tempatnya di Mini Block Office," ujar Wali Kota Malang Sutiaji saat ditemui di sela-sela kegiatan di Balai Kota Malang, Selasa (26/1/2021).

Baca Juga : 7 Ribu Vaksin Sinovac Mendarat di Kabupaten Malang

 

Sutiaji menyebut, penerima vaksin di tahap awal tersebut juga bertambah dari usulan awal. Yakni ada 13 tokoh yang diusulkan. Salah satunya akan diwakili oleh kelompok disabilitas, sebelum nantinya diberikan kepada prioritas penerima vaksin dan masyarakat umum.

Sebelumnya sudah disebutkan sederet pejabat Forkopimda Kota Malang yang menerima vaksin. Yakni Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, Waka Polresta Malang Kota AKBP Totok Mulyanto Diyono, Kajari Kota Malang Andi Dharmawangsa, Dandim 0833 Kota Malang Letkol Arm Ferdiyan Primadhona. Kemudian, Ketua Pengadilan Negeri Malang Nuruli Mahdilis, Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika, perwakilan Ikatan  Dokter Indonesia (IDI) Malang Raya dr Putu.

Ada  tokoh seperti  Wakil Ketua PDM Muhammadiyah Kota Malang Baroni,  Ketua PCNU Kota Malang Isroqunnajah, dan perwakilan Influencer, yakni pengusaha Juragan 99 Gilang Widya Pramana.

"Lalu nakes (tenaga kesehayan) ada tambahan dari organisasi profesi kesehatan, yaitu PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) Kota Malang, dan dari Persatuan Gizi Kota Malang. Satu lagi kami masih usulkan dari disabilitas," imbuh Sutiaji.

Usulan tersebut dilakukan agar bisa mewakili kelompok manapun secara merata. Sebab, semua tokoh dan pejabat telah  diusulkan.

Salah satu yang diprioritaskan kelompok disabilitas tunanetra, yang banyak berprofesi sebagai pemijat. Sehingga nanti diharapkan dengan prioritas tersebut, ada kepastian terbebas dari covid-19.

Baca Juga : Wali Kota Batu Bakal Dapat Suntikan Vaksin Covid-19 Sinovac Pertama

 

"Lha ini kan sudah semuanya (pejabat dan tokoh-tokoh). Ya kini disabilitas, ini perlu. Seperti tunanetra. Ini masih kami usulkan ke pusat. Mudah-mudahan bisa ada penambahan," tandas  Sutiaji.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 10.240 dosis vaksin covid-19 telah diterima Kota Malang kemarin (Senin, 25/1/2021). Jumlah tersebut masih akan bertambah mengingat Kota Malang mendapatkan jatah sebanyak 13.360.

Untuk selanjutnya, setelah pelaksanaan vaksinasi tahap awal, akan dilanjutkan kepada prioritas tenaga kesehatan (nakes) yang saat ini terdata di Dinkes Kota Malang ada sekitar 10.000 sasaran penerim vaksin.

Topik
Vaksin Covid 19vakinasi di kota malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru