Tips Sukses Berbisnis Online yang Perlu Anda Tahu

Jan 25, 2021 10:25
ilustrasi (sumber: niagahoster)
ilustrasi (sumber: niagahoster)

INDONESIATIMES - Anda ingin menjalankan bisnis online? Keputusan yang tepat sekali! Apalagi sekarang semuanya serba online. Hampir semua bisnis pada beralih ke online. Nah, untuk bisa sukses memulai bisnis online, ada tipsnya tersendiri. 

Di artikel ini kami akan memberikan panduan tips sukses berbisnis online untuk Anda. Apa saja itu? berikut ini penjelasannya! 

Baca Juga : Cara Kerja Black Box, Fungsi dan Sejarah untuk Mengungkap Kecelakaan Pesawat

1. Riset Pasar 

Untuk memulai bisnis, penting sekali melakukan riset pasar. Tujuannya untuk menemukan ide bisnis online yang tepat. Melalui riset pasar, Anda bisa mendapatkan data untuk membuat keputusan. 

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan data tersebut. 

Pertama, dengan riset keyword. Anda bisa mengecek tren pencarian di Google apa yang sedang hits. 

Kedua, mengecek tren di media sosial. Banyak orang biasanya memposting hal yang populer di media sosial. Tinggal ketik kata kunci tertentu di kolom pencarian dan Anda akan menemukan postingan dari orang-orang mengenai masalah tersebut. 

2. Analisa Kompetitor 

Anda perlu mempelajari kompetitor. Kira-kira apa kelebihan dan kekurangan mereka, sampai apa saja cara yang digunakan untuk menjangkau konsumen. 

Dari informasi yang didapatkan, Anda bisa membuat bisnis yang mampu bersaing dengan kompetitor. Caranya, Anda bisa lihat webiste bisnis dan media sosial mereka. Amati dan bandingkan mulai dari kualitas produk, layanan, pemasaran, hingga harga. 

3. Tentukan Target Pasar 

Riset pasar, sudah. Analisis kompetitor juga sudah. Sekarang saatnya menentukan target pasar Anda. Target pasar adalah sekelompok orang yang berpeluang membeli produk Anda. 

Ingat, setiap produk punya target pasarnya masing-masing, meskipun jenis produknya sama. Misalnya produk tas wanita, Hermes dan Kalani punya target pasar yang beda. Hermes menyasar kalangan elit sementara Kalani menyasar kalangan menengah. 

Baca Juga : Mulai 8 Februari, Pengguna WhastApp Wajib Serahkan Data ke Facebook atau Hapus Akun

4. Produk Apa yang Anda Jual secara Online

Tips sukses bisnis online selanjutnya adalah membuat detail produk yang akan Anda jual secara online. 

Anda bisa menjual produk fisik atau digital seperti makanan, baju, handphone, furniture, ebook, dan lainnya. Anda juga bisa menjual layanan jasa. Seperti pengiriman barang, pemesanan tiket pesawat, digital marketing, dan sejenisnya. 

5. Buat Website 

Untuk menjalankan bisnis online, Anda wajib banget membuat website. Kenapa? Sebab, website dapat meningkatkan kredibilitas bisnis online Anda. Jadi kalau tak ingin pelanggan lari ke kompetitor, Anda harus membuat website untuk bisnis online.

Membuat website juga ternyata mudah dan murah kok. Bahkan Anda bisa membuat website bisnis online sendiri. Nah, kalau pakai layanan hosting dari Niagahoster, bisa mendapatkan hosting gratis untuk website Anda. 

6. Siapkan Strategi Marketing 

Tips sukses bisnis online yang terakhir adalah menyiapkan strategi marketing. Anda bisa memakai pemasaran online yang berbayar maupun gratis. Seperti, Google Ads, Media sosial ads, dan SEO. Dengan demikian, Anda bisa menjangkau lebih banyak konsumen dengan lebih luas. 

 

Topik
tips berbisnis onlinepanduan tips berbisnis onlinehosting gratis
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru