Okupansi Hotel di Kota Batu Saat PPKM Tahap I Hanya 10 Persen

Jan 24, 2021 17:47
Tim satgas saat sidak di hotel di Kota Batu beberapa saat lalu.
Tim satgas saat sidak di hotel di Kota Batu beberapa saat lalu.

BATUTIMES - Pada tahap I Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sangat berimbas pada Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu. Rata-rata okupansi hotel dan restaurant yang tergabung dalam PHRI Kota Batu hanya mampu terisi 10 persen.

Jumlah okupansi tersebut pun tentunya membuat mereka merasakan sepinya pengunjung. Padahal sebelum diberlakukannya PPKM itu, okupansi mulai merangkak naik saat Natal dan Tahun Baru mencapai 40-60 persen.

Baca Juga : Jika PPKM Diperpanjang, PHRI Kota Batu Minta Perketat Prokes dan Tambah Jam Operasional

“Selama PPKM tahap I ini okupansinya turun sangat drastis. Okupansi atau keterisian kamar rata-rata seluruh hotel di Kota Bati ini cuma 10 persen,” kata Ketua PHRI Kota Batu, Sujud Hariadi.

Ia menambahkan, sejauh ini sebagian besar pengunjung yang menginap mereka yang berasal dari Surabaya Raya. Jadi saat diberlakukannya PPKM hingga saat ini sangat terasa jumlah penurunannya.

“Surabaya Raya menjadi salah satu lumbung tamu kami. Jadi sangat terasa sekali imbasnya, karena di sana juga diberlakukan PPKM,” tambahnya.

Karena hal tersebut PHRI melayangkan keluhannya kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Terlebih nantinya PPKM akan kembali dilakukan pada tahap II hingga 8 Februari mendatang. 

Baca Juga : PPKM Diperpanjang, PKL Alun-Alun Kota Batu Minta Tambahan Waktu Tiga Jam

 

“Yang melakukan audiensi dengan Gubernur Jawa Timur merupakan perwakilan dari pengurus BPD PHRI Jatim. Karena yang dapat mengikuti audiensi hanya terbatas, mengingat harus menerapkan protokol kesehatan,” jelas pria yang juga Direktur Taman Rekreasi Selecta ini.

Ia pun berharap dengan adanya audiensi tersebut, apa yang menjadi keluhan para pelaku usaha itu bisa mendapatkan solusi terbaik. Agar dunia pariwisata tetap berjalan dengan baik. 

Topik
Okupansi HotelHotel Kota BatuOkupansi Hotel Menurun

Berita Lainnya

Berita

Terbaru