Puskesmas dan Puluhan Faskes Lainnya Siap Jadi Lokasi Vaksin Covid-19 di Kota Malang

Jan 24, 2021 17:37
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Foto: Shutterstock/Blue Planet Studio).
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Foto: Shutterstock/Blue Planet Studio).

MALANGTIMES - Persiapan demi persiapan terus dilakukan menjelang pelaksanaan vaksin Covid-19 di Kota Malang. Hingga kini, setidaknya sudah ada 80 Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes) yang siap untuk menjadi lokasi vaksinasi.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang Sri Winarni mengungkapkan 80 Fasyankes yang terdiri dari puskesmas, rumah sakit hingga klinik tersebut disiapkan guna menunjang pelaksanaan vaksinasi yang rencananya akan dilangsungkan pada Februari 2021 mendatang.

Baca Juga : Mengenal Alat Deteksi Covid-19 GeNose dan Cara Kerjanya

"Vaksinasi nanti lokasinya ada di 16 puskesmas, 24 rumah sakit dan 40 klinik di Kota Malang," ujarnya.

Ya, seluruh puskesmas di Kota Malang sejak awal menjadi tempat vaksinasi yang telah disiapkan beserta vaksinatornya. Yang mana, di masing-masing puskeasmas akan ada 5 vaksinator untuk melakukan vaksinasi kepada penerima vaksin Covid-19.

Sedangkan, untuk rumah sakit, menurut wanita yang akrab disapa Win ini yakni diutamakan dilayani di rumah sakit-rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 di Kota Malang. Di antaranya seperti RS Saiful Anwar, RSUD Kota Malang, RS Lavalette, RST Sorproen, RS Hermina, RSI Unisma dan yang lainnya.

"Dan di masing-masing rumah sakit nantinya juga sudah disiapkan vaksinatornya," imbuhnya.

Lebih jauh, perempuan yang juga menjabat Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkot Malang ini mengatakan, untuk klinik-klinik kesehatan masih belum bisa disebutkan mana saja yang telah siap untuk memberikan layanan vaksinasi.

Baca Juga : Mulai Bulan Depan, Naik Kereta Api Akan Dites Covid GeNose

Yang pasti, hingga saat ini pihaknya terus melakukan pendataan untuk penentuan jumlah vaksin yang akan didistribusikan ke setiap Fasyankes di Kota Malang. Termasuk juga pendataan penerima vaksin yang juga masih dilakukan updating.

"Intinya saat ini kami tengah menyiapkan lokasi vaksinasinya. Dan memang sudah ada 80 ini yang siap. Untuk teknisnya nanti kita lihat lagi selanjutnya," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, proses tahap awal vaksinasi sudah dilangsungkan secara resmi mulai tanggal 13 Januari 2021 lalu. Kota Malang mendapatkan jadwal pelaksanaan Februari 2021 mendatang dengan prioritas pertama akan dilakukan kepada para petugas medis.

Topik
Vaksin Covid 19fasilitas kesehatanDinkes Kota Malangfasilitas vaksin

Berita Lainnya

Berita

Terbaru