Memprihatinkan, RSSA Kota Malang Tiga Pekan ini Makamkan 206 Jenazah Covid-19

Jan 24, 2021 17:06
Situasi dan kondisi RSSA (Rumah Sakit Saiful Anwar) Kota Malang, Sabtu (23/1/2021). (Foto: Tubagus Achmad/ MalangTIMES) 
Situasi dan kondisi RSSA (Rumah Sakit Saiful Anwar) Kota Malang, Sabtu (23/1/2021). (Foto: Tubagus Achmad/ MalangTIMES) 

MALANGTIMES - Bagian IKF (Instalasi Kedokteran Forensik) RSSA (Rumah Sakit Saiful Anwar) Kota Malang dalam tiga pekan terakhir di awal tahun 2021 ini telah menerima dan memakamkan secara protokol kesehatan sebanyak 206 jenazah yang terkonfirmasi Covid-19. 

Kasubbag Humas RSSA Kota Malang Donny Iryan mengatakan bahwa kejadian penambahan 206 orang yang meninggal dan dinyatakan terkonfirmasi Covid-19 merupakan catatan sejak awal Bulan Januari hingga tanggal 21 Januari 2021. 



"IKF kami tiga minggu terakhir sejak awal Januari sampai 21 Januari kemarin sudah menerima 206 jenazah Covid-19," ungkapnya dalam keterangan resmi RSSA Kota Malang dalam bentuk video informasi yang telah tersebar di grup WhatsApp, Sabtu (23/1/2021) malam. 

Donny menuturkan bahwa dari jumlah penerimaan dan pemakaman 206 jenazah yang terkonfirmasi Covid-19 tersebut oleh tim IKF RSSA Kota Malang, jika dibagi dalam tiga pekan terakhir, jumlah hariannya cukup memprihatinkan. 

"Itu (206 jenazah, red) kalau dibagi tiga minggu, ada sembilan sampai 10 jenazah per hari untuk pasien Covid (yang kami terima dan makamkan, red). Ini bukan sedikit tapi banyak," jelasnya. 

Lebih lanjut Donny pun berpesan kepada seluruh masyarakat Kota Malang agar terus waspada dengan persebaran Covid-19 khususnya di wilayah Kota Malang. 

Karena memang virusnya tidak terlihat, tetapi efeknya jika masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit dan berakibat fatal hingga menuju kematian. 

"Jadi kami sampaikan kepada masyarakat, kita harus tetap waspada, kita sama-sama jaga diri kita masing-masing," katanya. 

Sementara itu, Donny juga tak henti-hentinya mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Malang tanpa terkecuali agar selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat dan disiplin. Karena hal tersebut merupakan salah satu upaya bagi masyarakat agar terhindar dari persebaran Covid-19. 

"Saya berpesan kepada masyarakat pada umumnya wabah ini belum selesai, pandemi ini belum selesai kita harus tetap patuhi protokol kesehatan 3M, mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak," tandasnya. 

Sebagai informasi, berdasarkan data dari Satgas Covid-19 Kota Malang per hari ini Minggu (24/1/2021) total pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 4.981 orang dengan rincian 386 orang dalam pantauan, 4.143 orang dinyatakan sembuh dan 452 orang meninggal dunia.

Topik
Covid 19Covid 19 Kota Malangangka kematian covid 19

Berita Lainnya

Berita

Terbaru