Hati-Hati, Pencuri Mulai 'Gentayangan' Incar Tas Pedagang di Pasar Madyopuro

Jan 24, 2021 16:16
Salah satu toko pedagang yang usai disatroni pencuri di Pasar Madyopuro, Minggu (24/1/2021). (Foto: Tubagus Achmad/ MalangTIMES) 
Salah satu toko pedagang yang usai disatroni pencuri di Pasar Madyopuro, Minggu (24/1/2021). (Foto: Tubagus Achmad/ MalangTIMES) 

MALANGTIMES - Nampaknya para pengunjung maupun pedagang di Pasar Madyopuro harus waspada dan berhati-hati karena saat ini pencuri tas mulai 'gentayangan' dan beberapa pedagang telah menjadi korban pencurian tas yang berisikan uang dagangan. 

Berdasarkan informasi yang didapat, bahwa pada hari Kamis (21/1/2021) telah terjadi pencurian tas pedagang alat rumah tangga dan plastik, tepatnya di Toko 32 Bu Hanik yang berada di Pasar Madyopuro. Saat ditemui, Hanik (52) menjelaskan kronologi yang dialaminya ketika dirinya menjadi korban pencurian tas. 

"Kejadiannya sekitar pukul 07.30 WIB. Saat itu toko saya kedatangan seorang wanita yang usianya sekitar 45 tahun. Wanita tersebut memakai jilbab dan datang untuk membeli dus kue sebanyak 10 buah," ungkapnya ketika dikonfirmasi pewarta, Minggu (24/1/2021). 

Hanik mengatakan usai membeli 10 buah dus kue, ternyata wanita tersebut datang kembali ke tokonya. Hanik pun tidak memerhatikan secara seksama karena pada saat itu, sedang banyak pembeli di tokonya. 

"Karena masih sibuk meladeni pembeli yang lain, jadi saya tidak terlalu memerhatikan (gerak-gerik, red) wanita itu," terangnya. 

Namun dari penuturan Hanik yang menjadi korban bahwa dirinya sempat melihat gerak-gerik wanita tersebut ketika mulai menjauhi tokonya tanpa membeli barang yang diperdagangkannya. 

Saat terlihat sudah tidak ada di area tokonya, Hanik pun kemudian mengecek beberapa barang dan etalase yang berada di tokonya. Benar saja, dari penuturan Hanik bahwa tas miliknya yang berisikan beberapa barang berharga raib dicuri yang diduga dilakukan oleh wanita mencurigakan tersebut. 

"Ternyata wanita itu mencuri tas selempang saya. Di mana tas selempang itu, saya taruh di pojokan etalase toko," katanya. 

Mengetahui hal tersebut Hanik pun langsung mencari keberadaan pencuri di sekitaran pasar bersama para pedagang dan pengunjung lainnya. Namun pencuri tersebut sudah tidak dapat diketemukan. 

Tetapi beberapa saat kemudian sekitar pukul 12.00 WIB, Hanik mendapatkan kabar dari beberapa orang, bahwa tas miliknya berada di dalam tempat sampah toilet Pasar Madyopuro. 

Menerima kabar tersebut Hanik pun langsung mengecek ke toilet Pasar Madyopuro. Dan benar saja, ketika dicek, uang dagangan milik Hanik yang berjumlah Rp 3 juta raib dicuri wanita yang dicurigai Hanik sebagai pelaku pencurian tas miliknya. 

"Jadi di dalam tas saya itu ada uang tunai Rp 3 juta, dompet, buku tabungan dan handphone. Namun pelaku hanya mengambil uang tunainya saja, sedangkan dompet, HP dan buku tabungan tidak diambil oleh pelaku," terangnya. 

Hanik juga menuturkan bahwa beberapa waktu lalu di Pasar Madyopuro juga pernah terjadi kejadian pencurian tas yang menimpa pedagang daging. Tak tanggung-tanggung, pedagang daging tersebut harus rela kehilangan uang dagangan senilai Rp 8 juta yang diletakkan di dalam tas tersebut. 

"Dua minggu yang lalu, kejadian seperti ini juga pernah terjadi. Di mana tas yang berisi uang Rp 8 juta milik pedagang daging hilang," ujarnya. 

Lanjut Hanik bahwa pada hari Jumat (22/1/2021) dirinya melaporkan kejadian yang dialaminya kepada petugas Polsek Kedungkandang agar pelaku dapat ditangkap untuk memberikan efek jera. 

"Semoga polisi dapat segera menangkap pelaku, karena telah membuat resah pedagang pasar," katanya. 

Sementara itu, Kapolsek Kedungkandang Kompol Yusuf Suryadi mengatakan bahwa pihaknya akan segera memroses laporan dari korban pencurian dan segera melakukan penyelidikan dan mengumpulkan keterangan dari para saksi yang berada di sekitar toko milik Hanik. 

"Kami akan lakukan penyelidikan dengan mengecek ke lokasi kejadian, lalu mengumpulkan keterangan para saksi yang berada di sekitar lokasi kejadian," ujar perwira polisi dengan satu melati di pundaknya ini. 

Lanjut Yusuf bahwa pihaknya beserta jajarannya akan mengupayakan agar pelaku pencurian tas milik pedagang di Pasar Madyopuro agar secepatnya tertangkap. Karena telah meresahkan masyarakat, baik pedagang maupun pengunjung pasar.

Topik
Pencurian TasPasar Madyopuropencurian di pasar

Berita Lainnya

Berita

Terbaru