Jika PPKM Diperpanjang, PHRI Kota Batu Minta Perketat Prokes dan Tambah Jam Operasional

Jan 23, 2021 11:45
Tim saat melakukan sidak di salah satu hotel.
Tim saat melakukan sidak di salah satu hotel.

Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) juga cukup merugikan bagi mereka yang tergabung dalam Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI) Kota Batu. Di tengah usaha mereka meningkatkan okupansi, kini gara-gara pembatasan jam operasional, kedatangan wisatawan kembali mengalami penurunan.

Jelasnya, mereka tidak setuju jika perpanjangan PPKM masih menerapkan pembatasan jam operasional hingga pukul 19.00 WIB. “Kalau diperpanjang cukup dilakukan dengan penjagaan pelaksanaan protokol kesehatan,” kata Ketua PHRI Kota Batu, Sujud Hariadi.

Baca Juga : PPKM Diperpanjang, PKL Alun-Alun Kota Batu Minta Tambahan Waktu Tiga Jam

Ia menambahkan, ke depan agar dilakukan pengetatan protokol kesehatan. Lalu agar protokol kesehatan tetap dijalankan dengan baik, pihaknya meminta agar operasi digelar dengan maksimal. Terlebih saat ini Kota Batu sudah masuk pada risiko rendah.

“Nanti protokol kesehatan tetap diketati, dan ada patroli terkait dengan protokol kesehatannya. Hal ini saya rasa bisa lebih efektif daripada pembatasan jam malam,” imbuhnya.

Terlebih patroli prokes dinilai lebih efektif dibandingkan pembatasan jam malam. Apalagi saat ini Kota Batu sudah masuk dalam zona kuning atau risiko rendah.

“Selama PPKM kami mengandalkan restoran supaya bisa memutar kebutuhan operasional hotel. Tapi kalau misalnya nanti kebijakan masih sama akan merugikan kami,” terangnya.

Baca Juga : 50 Persen UMKM Binaan Kadin Kabupaten Malang Gulung Tikar

Sujud berharap jika nantinya Kota Batu melakukan perpanjangan PPKM, pembatasan jam malam lebih bisa dilonggarkan. Hal ini juga untuk menumbuhkan perekonomian Kota Batu yang mulai bangkit.

“Semoga jam operasionalnya bisa diperpanjang lagi, dengan menjaga protokol kesehatan secara ketat. Supaya perekonomian ini terus berjalan dengan lancar, namun perekonomian terus meningkatkan,” harap Sujud.

Topik
Kota Wisata Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru