Selama PPKM Kasus Covid-19 Masih Meningkat, Berikut Penjelasan Sekda Kabupaten Malang

Jan 23, 2021 11:41
Jajaran Forkopimda Kabupaten Malang dan instansi terkait saat menghadiri rapat evaluasi PPKM beberapa waktu lalu (Foto : Dokumen MalangTIMES)
Jajaran Forkopimda Kabupaten Malang dan instansi terkait saat menghadiri rapat evaluasi PPKM beberapa waktu lalu (Foto : Dokumen MalangTIMES)

MALANGTIMES - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang Wahyu Hidayat, menyebut jika Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tidak berhubungan secara langsung dengan penurunan kasus Covid-19.

”Kalau penularan Covid-19 memang tidak ada korelasi secara langsung dengan PPKM, meskipun dari hasil operasi yustisi jumlah pelanggaran yang dihasilkan juga mengalami penurunan,” ungkapnya.

Baca Juga : Datangkan Mobile Lab, ASN di Kabupaten Malang Bakal Jalani Swab Massal

Seperti yang sudah diberitakan, Sekda Kabupaten Malang menyebutkan jika tingkat kesadaran masyarakat terkait Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 1 Tahun 2021, tentang PPKM mencapai 80 persen.

Tingkat kesadaran masyarakat yang terbilang tinggi tersebut, juga dibuktikan dengan berkurangnya jumlah pelanggaran yang terjadi saat operasi yustisi.

Jika dibandingkan dengan operasi yustisi jilid I yang diadakan disepanjang akhir tahun 2020 lalu, jumlah denda yang terkumpul mencapai Rp 64 juta. Sedangkan operasi yustisi yang diadakan saat PPKM, dijelaskan Wahyu, hanya terkumpul Rp 8 juta dari para pelanggar yang dikenakan sanksi denda.

”Tapi memang selama PPKM masih ada kenaikan kasus (Covid-19), karena masih adanya kenaikan itu kadangkala karena mungkin dampak dari yang sebelum PPKM,” jelasnya.

Baca Juga : Ada Pegawai Meninggal karena Covid, Sekda Kabupaten Malang Ubah Skala WFH Menjadi 90 Persen

Merujuk pada data yang dihimpun Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang, disepanjang PPKM tepatnya pada tanggal 11 hingga kemarin (Jumat 22/1/2021) telah terjadi penambahan kasus Covid-19 sekitar lebih dari 200 kasus.

”Apakah PPKM berdampak pada penurunan kasus Covid-19 atau tidak, baru bisa dilihat minggu depan. Jadi saat PPKM berakhir, baru bisa dikorelasikan dengan data Covid-19. Apakah masih naik atau sudah menurun,” tandas Sekda Kabupaten Malang.

Topik
Kabupaten Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru