Kota Malang Terapkan Tilang Elektronik Tahun Ini  

Jan 22, 2021 19:55
Kasat Lantas Polresta Malang Kota Kompol Ramadhan Nasution saat ditemui awak media usai meresmikan tiga kendaraan untuk pelayanan kepada masyarakat Kota Malang, Jumat (22/1/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes) 
Kasat Lantas Polresta Malang Kota Kompol Ramadhan Nasution saat ditemui awak media usai meresmikan tiga kendaraan untuk pelayanan kepada masyarakat Kota Malang, Jumat (22/1/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes) 

MALANGTIMES -Pemberlakuan tilang elektonik (E-Tilang) bakal diterapkan di Kota Malang pada tahun 2021 ini. Hal itu  disampaikan oleh Kasat Lantas Polresta Malang Kota Kompol Ramadhan Nasution. 

"Ya kemungkinan, Insya allah target tahun ini ya. Cuma, kan kita ngajukan dulu ke Dishub (Dinas Perhubungan, red) nanti dari Dishub ke Pak Wali baru dianggarkan kan nanti untuk pengadaan CCTV (Closed Circuit Television, red)," ungkapnya saat dikonfirmasi pewarta, Jumat (22/1/2021). 

Perwira dengan satu melati di pundaknya ini menuturkan bahwa terkait hal-hal teknis pelaksanaan dan waktu pelaksanaan, perwira yang akrab disapa Rama ini masih belum bisa memastikan. 

"Saya masih belum bisa menjawab kalau itu, karena itu kan jangka panjang. Titik-titiknya kami masih belum petakan. Teknis juga belum kita rencanakan, karena Pak Wali kan baru ngomong tadi," ujarnya. 

Meskipun terdapat wacana program dari Kapolri terpilih Komjen Listyo Sigit Prabowo bahwa polisi lalu lintas tidak perlu melakukan penilangan, hanya mengatur lalu lintas, namun untuk penerapan E-Tilang di Kota Malang sendiri kata Rama masih perlu perumusan dan penggodokan dari berbagai pihak instansi terkait. 

Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji pun menuturkan bahwa pihak Pemerintah Kota Malang siap mengupayakan untuk mendukung adanya program E-Tilang ke depan dengan menganggarkan untuk pengadaan CCTV agar penerapan E-Tilang berjalan dengan maksimal. 

"Titik mana yang sekiranya nanti diperlukan, maka nanti kami akan menganggarkan itu untuk CCTV yang saat ini masih terbatas," ujarnya. 

Alumnus Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim ini juga mengatakan bahwa dengan adanya CCTV ke depan akan sangat membantu jajaran Satlantas Polresta Malang Kota dalam memaksimalkan E-Tilang. 

"Bagaimana dia (CCTV, red) bisa menangkap mobil, apakah ini melanggar. Di situ kan ada, apakah dia nggak pakai spion, melanggar marka, tidak pakai helm, itu nanti di aplikasi atau sistem yang dibangun. Maka saya akan selalu berkoordinasi dengan Kapolresta dan DPRD. Nanti akan kita anggarkan," jelasnya. 

Maka dari itu banyaknya sistem yang berbasis IT, maka dikatakan Sutiaji akan ada penguatan jaringan. Pemerintah Kota Malang pun kata Sutiaji harus menjamin di semua sektor dan semua titik nanti tidak ada persoalan terkait IT atau jaringan yang lemah maupun bermasalah. 

"Sehingga golnya adalah bagaimana melayani masyarakat dengan baik dan jaminan kepada masyarakat terhadap keamanan dan kenyamanan. Kita di sini harus melindungi karena negara harus hadir," pungkasnya. 

Topik
Berita MalangTilang Elektronik di Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru