Ikut Menyambut, Wawali Beri Dukungan Moril Warga Jatim yang Terdampak Gempa di Sulawesi Barat

Jan 21, 2021 20:44
Wakil Walikota Malang, Sofyan Edy Jarwoko, saat memberikan bantuan dari Gubernur Jatim kepada warga yang terdampak bencana saat  merantau di Sulawesi Barat (Humas Pemkot)
Wakil Walikota Malang, Sofyan Edy Jarwoko, saat memberikan bantuan dari Gubernur Jatim kepada warga yang terdampak bencana saat merantau di Sulawesi Barat (Humas Pemkot)

MALANGTIMES - Setidaknya ada 48 orang pengungsi gempa Mamuju Sulawesi Barat mendarat dengan selamat di Landasan Udara Abdurahman Saleh Malang Kamis (21/1/2021). 48 orang tersebut merupakan warga beberapa wilayah yang ada di Jawa Timur. Mereka sebelumnya kebanyakan bekerja di Sulawesi Barat.

Meskipun tak ada satupun warga Kota Malang, Wakil Walikota Malang, Sofyan Edi Jarwoko hadir dan tetap menyambut hangat kedatangan pengungsi tersebut untuk pulang ke kampung halamannya masing-masing di berbagai wilayah Jawa Timur.

Baca Juga : Awas! 19 Wilayah di Kabupaten Malang Rawan Banjir dan Longsor

"Saya menyambut dan memberikan dukungan moril pada mereka semua. Apa yang mereka alami di Mamuju saya yakini akan memberikan dampak traumatis sehingga kepulangan mereka harus kita support dan difasilitasi semaksimal mungkin," ujar Wawali Sofyan Edi.

Orang nomor dua di Kota Malang itu menegaskan, bahwa memang dalam rombongan tersebut tidak terdapat warga Kota Malang. Namun sebagai bagian dari pemerintah, Pemkot Malang tetap turut berpartisipasi dalam menyiapkan berbagai alternatif kebutuhan bagi mereka jika sewaktu-waktu memang dibutuhkan.

"Salah satunya adalah menyiapkan Kantor Dinas Sosial di Jalan Sulfat sebagai alternatif lokasi untuk transitnya mereka sebelum diberangkatkan ke kampung halamannya masing-masing" tuturnya.

Pria ramah yang akrab disapa Bung Edi itu mengharapkan, agar sekembalinya mereka ke keluarganya masing-masing, bisa menghilangkan rasa traumatis yang mereka alami sebelumnya akibat bencana yang terjadi.

"Semoga dengan berkumpulnya kembali dengan keluarga akan menambah ketenangan serta menghilangkan traumatisnya pasca bencana gempa di Mamuju beberapa waktu yang lalu" tandas Bung Edi.

Baca Juga : Tolak Vaksinasi, Pemkab Malang Belum Berencana Beri Sanksi

Sementara itu, saat menyambut para pengungsi dari Sulawesi Barat tersebut, pihaknya juga didampingi oleh Kepala Pelaksana BPBD Kota Malang, Ali Mulyanto dan Sekretaris Dinsos P3AP2KB Kota Malang, Nunuk Sri Rusgiyanti.

Selain itu, disela sebelum mereka diberangkatkan ke daerah asalnya, Gubernur Jatim melalui Wakil Walikota Malang turut memberikan bantuan berupa uang tunai dan paket sembako. Diharapkan hal tersebut juga bisa menjadi stimulus atau pelipur lara agar mereka bisa menghilangkan rasa traumatisnya.

Sebelum diberangkatkan, mereka juga sempat menjalani berbagai pemeriksaan protokol Covid - 19. Sementara itu, 48 orang itu, berasal dari Lamongan 38 orang, 2 orang berasal dari Lumajang, 4 orang berasal dari Gresik dan 4 orang lainnya berasal dari Tuban.

Topik
korban gempa mamuju Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko Berita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru