Puluhan Pohon Jeruk di Desa Selorejo Dirusak, Petani Meradang

Jan 21, 2021 18:53
Salah satu pohon jeruk yang terlihat seperti di gergaji. (Foto: istimewa)
Salah satu pohon jeruk yang terlihat seperti di gergaji. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES- Sengketa lahan tanaman jeruk di Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang kini kembali memanas. Setelah sebelumnya berkutat di meja hijau, kini puluhan pohon jeruk di lahan yang sama itu mengalami kerusakan parah dan diduga dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Ketua Kelompok Tani Desa Selorejo, Purwati membenarkan bahwa ada puluhan pohon jeruk yang ditebang, padahal empat bulan lagi jeruk sudah siap panen.

Baca Juga : Belum Membaik, Begini Kesehatan Rizieq Shihab di Tahanan, "Mohon Doanya"

"Iya benar ada pohon ditebangi, ada 50 pohon yang rusak, padahal banyak di pohon itu yang jeruknya masih muda," kata Purwati kepada MalangTIMES.

Purwati menambahkan bahwa kejadian tersebut ditengarai terjadi pada Selasa (19/1/2021) malam, namun baru diketahui para petani jeruk pada Rabu (20/1/2021) pagi.

Oleh karena itu, para petani jeruk berencana untuk melaporkan hal tersebut kepada pihak Kepolisian untuk mengetahui siapa pelakunya.

"Kami akan laporkan tentang ini, pokok lapor dulu, soalnya ini kan sudah ke meja hijau, tapi kok ada saja masalah," keluh Purwati.

Sementara itu, kuasa hukum petani jeruk Wiwied Tuhu mengatakan bahwa adanya kerusakan pada pohon jeruk menunjukkan adanya intimidasi. Bahkan ia menyebut hal itu sudah merupakan anarkis meski belum diketahui siapa pelaku sebenarnya.

Baca Juga : Kuasa Hukum Petani Jeruk Desa Selorejo Tanggapi Pernyataan Sekda Kabupaten Malang

"Berbeda dibandingkan kejadian terdahulu terkait pengerusakan pagar kebun dan tanaman petani yang sudah kami laporkan yang mana kebetulan ketahuan di lapangan siapa terduga pelakunya, meskipun setelah beberapa kali pemeriksaan, sampai sekarang belum jelas sampai dimana penanganan perkaranya," ungkap Wiwied.

Karena hal itu, kini rencananya pihak petani jeruk akan melaporkan hal tersebut kepada kepolisian agar segera diketahui siapa pelaku dibalik pengrusakan pohon jeruk tersebut.

"Kami berharap penegak hukum dapat bekerja optimal untuk mengungkap siapa yang harus bertanggung jawab, termasuk juga menyelesaikan pemeriksaan perkara pengerusakan yang sudah kami laporkan terlebih dahulu," tegasnya.

Topik
petani jeruk dau kabupaten malang sengketa lahan jeruk Lahan Pertanian Kabupaten Malang Berita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru