Ditunjuk PMI Pusat, PMI Kota Malang Kirim Relawan ke Sulawesi Barat

Jan 21, 2021 15:47
Dari kiri: Kepala Pelayanan PMI Kota Malang, Heri Suwarsono, Sekretaris dan Kepala Markas PMI Kota Malang, Tri Surya dan para relawan yang akan diberangkatkan (foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)
Dari kiri: Kepala Pelayanan PMI Kota Malang, Heri Suwarsono, Sekretaris dan Kepala Markas PMI Kota Malang, Tri Surya dan para relawan yang akan diberangkatkan (foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Bencana gempa bumi yang terjadi Jumat (15/1/2021), memporak-porandakan wilayah Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Bahkan imbas dari gempa, selain merusak puluhan rumah, juga menyebabkan adanya korban jiwa dan 16 ribu orang mengungsi.

Melihat dampak parah itu, yang tentunya juga berdampak pada tim relawan medis maupun relawan sosial di sana, Palang Merah Indonesia (PMI) mengirimkan sejumlah tenaga medis dan relawan untuk berangkat ke Sulawesi Barat.

Baca Juga : Pasangan Lathifah Unggul di 17 Kecamatan, tapi Perolehan Suaranya Kalah dari Pasangan Sanusi

 

Tenaga medis dan relawan tersebut merupakan relawan pilihan dari beberapa daerah, yakni PMI Kota Malang, PMI Jawa Tengah dan PMI Bogor.

Sekretaris sekaligus Kepala Markas PMI Cabang Kota Malang, Tri Surya membenarkan, jika PMI Kota Malang merupakan satu-satunya di Jawa Timur yang ditunjuk oleh PMI Pusat untuk memberangkatkan relawan ke Sulawesi Barat.

"Tidak semua ditunjuk. PMI Pusat punya pertimbangan memilih Kota Malang. Kemampuan pengoptimalan Sumberdaya Manusia (SDM), kemampuan atau skill yang dimiliki para relawan PMI Kota Malang, serta sarana yang memadai, tentunya menjadi salah satu pertimbangan menunjuk Kota Malang," bebernya, Kamis (21/1/2021).

Sebelum para relawan diberangkatkan, pihaknya berpesan agar para relawan bisa menjalankan tugas sesuai kemampuannya. Sehingga dengan bertugas sesuai dengan jalurnya, tentunya di sana para relawan justru tak malah merepotkan dan malah memperkeruh situasi di lingkungan merek bertugas.

"Jaga diri, bertugas sesuai kemampuan, jangan memaksakan bertugas bila memang tidak memungkinkan, sehingga tidak malah merepotkan yang lain. Saya juga berpesan, agar mereka juga membaur dengan relawan lain," jelasnya.

Sementara itu, Heri Suwarsono, Kepala Pelayanan PMI Kota Malang, menambahkan, jika total relawan yang dikirimkan ke Sulawesi Barat, akan diberangkatkan sebanyak lima personel. Mereka akan diberangkatkan besok (22/1/2021) menggunakan pesawat terbang.

Baca Juga : Militerisme Gagal, Doktor UIN Malang Tawarkan Solusi Ini untuk Mitigasi Terorisme di Poso

 

Mereka diberangkatkan dalam rangka Operasi Tanggap Bencana Bidang Pelayanan Kesehatan Dasar Darurat (PKDD). Bukan hanya personel, satu armada ambulan dari PMI Kota Malang, juga bakal berpartisipasi dalam kegiatan sosial di Sulawesi Barat tersebut.

"Lima personel itu terdiri dari satu dokter, satu perawat, para medis, crew ambulan dan juga rescue. Di sana mereka akan melakukan operasi kesehatan, kerjasama dengan pihak setempat. Mereka bertugas sebagai klinik berjalan di tempat pengungsian maupun di tempat yang membutuhkan bantuan BKDD," jelasnya.

Para relawan yang dikirimkan sendiri, merupakan relawan yang telah terlatih sesuai bidangnya masing-masing. Sehingga dengan bekal yang telah dimilikinya itu, para relawan bisa membantu para korban bencana dengan maksimal.

"Operasi akan dilakukan mulai besok (22/1/2021) sampai 5 Februari 2021," pungkasnya.

Topik
PMI Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru