Bakal Dilibatkan saat Pencanangan Vaksin Covid-19, Berikut Tahapan yang Dilalui Influencer

Jan 21, 2021 10:44
Kadinkes Kabupaten Malang Arbani Mukti Wibowo saat menjelaskan tahapan para influencer sebelum menerima vaksin covid-19. (Foto : Dokumen MalangTIMES)
Kadinkes Kabupaten Malang Arbani Mukti Wibowo saat menjelaskan tahapan para influencer sebelum menerima vaksin covid-19. (Foto : Dokumen MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dinkes (Dinas Kesehatan) Kabupaten Malang menanggapi wacana Sekretaris Daerah (Sekda)  Wahyu Hidayat mengenai langkah menggandeng para influencer saat pencanangan vaksinasi covid-19 tahap pertama di Kabupaten Malang.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Malang Arbani Mukti Wibowo menjelaskan, ada beberapa tahap yang harus dilalui oleh para influencer sebelum terlibat dalam pencanangan vaksinasi covid-19 yang diagendakan berlangsung awal Februari 2021 mendatang.

Baca Juga : Disebut "Obat Dewa", Konsumsi Dexamethasone Harus Hati-hati dan Sesuai Anjuran Dokter

”Sebenarnya kami (Pemkab Malang) hanya bisa mengusulkan. Kemudian nanti akan diverifikasi di pusat. Jadi, lima orang (influencer) itu siapa saja akan diverifikasi dulu oleh pusat ,” terangnya.

Seperti yang sudah diberitakan, Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat,l sempat membuka wacana untuk menggandeng influencer di luar ketetapan 10 orang pejabat yang diprioritaskan bakal mendapatkan vaksin covid-19 tahap awal di Kabupaten Malang. Sepuluh pejabat itu merupakan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Malang. Sedangkan influencer yang rencananya bakal digandeng dalam pencanangan vaksinasi Covid-19 tersebut berjumlah lima orang.

Menurut Wahyu, langkah mengandeng para influencer tersebut bertujuan untuk lebih meyakinkan masyarakat terkait vaksinasi covid-19. ”Kalau 5 orang (influencer) itu dari hasil verifikasi pusat dikatakan layak untuk diberikan vaksinasi sebagai pencanangan, ya pasti nanti data itu akan dikoordinasikan kepada kami (Pemkab Malang),” ucap Arbani.

Selain berkoordinasi dengan Pemkab Malang, lanjut Arbani, kelima influencer tersebut juga akan diberi tahu jika yang bersangkutan lolos tahap verifikasi awal. ”Biasanya yang bersangkutan (influencer) akan diberi pemberitahuan melalui SMS (short message service),” imbuhnya.

Setelah itu, masih dalam pesan singkat yang sama, para influencer akan diarahkan untuk mengisi draf pertanyaan seputar kesiapan pra-vaksinasi covid-19. ”Nantinya akan diberi daftar pertanyaan, apakah mereka (influencer) layak atau tidak (menerima vaksin covid-19),” ujar Arbani.

Baca Juga : Ditemukan 205 Kasus Positif Covid-19 selama Penerapan PPKM di Kabupaten Malang

Sementara itu, ketika ditanya siapa saja daftar nama influencer yang akan dilibatkan dalam pencanangan vaksinasi covid-19, Arbani mengaku sampai dengan awal pekan lalu, masih belum ada nama yang diproyeksikan bakal menerima vaksin. ”Sampai saat ini saya belum dapat siapa (influencer, red) yang akan dilibatkan dalam pencanangan vaksinasi covid-19,” tandasnya.

 

Topik
Pencanangan Vaksin Covid 19 Dinkes Kabupaten Malang Arbani Mukti Wibowo Pemkab Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru