Pilot Gadungan Tipu Banyak Perempuan, Polisi Bertindak

Jan 20, 2021 20:41
Thofan Noviandi als Thofan Purnama (24 tahun) asal Sumba Timur NTT tersangka penipuam (Nurhadi Banyuwangi Jatim Times)
Thofan Noviandi als Thofan Purnama (24 tahun) asal Sumba Timur NTT tersangka penipuam (Nurhadi Banyuwangi Jatim Times)

BANYUWANGITIMES - Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polresta Banyuwangi berhasil mengamankan Thofan Nofiandi alias Thofan Purnama (24 Tahun) yang mengaku sebagai seorang pilot.

Penangkapan Thofan yang mengaku pilot dikarenakan memperdayai dan menipu JNK (21 tahun) gadis asal Dusun Sawahan, Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng, Banyuwangi. Thofan yang pilot gadungan ini menjalankan aksinya dengan bermodalkan satu stel seragam pilot. Modal itu pula yang membuat hati JNK jatuh dan akhirnya berpacaran dengan sang pilot gadungan. 

Baca Juga : Dikejar 3 Hari, Dua Kali Polisi Tembak Pelaku Curanmor

Tapi, bukan karena urusan asmaranya yang membuat pilot gadungan asal Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur ini  ditangkap polisi. Tapi, dikarenakan sang pilot gadungan ini menggondol uang korban hingga jutaan rupiah.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifudin menerangkan, pelaku dan korban awalnya berkenalan melalui media sosial meChat. Hingga akhirnya keduanya bertemu di kawasan pertokoan Kecamatan Genteng.

“Saat pertemuan itu, pelaku ngaku sebagai seorang pilot yang beroperasi di Bandara Internasional Banyuwangi,” kata Arman saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (20/1/2021).

Korban semakin yakin karena pelaku sering menggunakan seragam pilot, lengkap dengan pangkat dan ID Card dalam foto profil media sosialnya. Keduanya pun intens berkomunikasi hingga akhirnya tumbuh benih-benih percintaan.

“Setelah intens berkomunikasi, pelaku dan korban akhirnya berpacaran,” ujar perwira menengah Polri ini.

Saat berpacaran inilah, pelaku mulai melancarkan aksi tipu-tipunya. Dia mulai meminjam uang kepada korban dengan berbagai alasan. “Total uang yang dipinjam pelaku mencapai Rp 2.830.000,” sebut Arman.

Pelaku juga menjanjikan korban akan diajak menemui orang tuanya di Jakarta. Pelaku mengaku bahwa orang tuanya adalah seorang polisi yang tengah berdinas di Ibu Kota.

Agar korban percaya, pelaku membelikan korban tiket pesawat beserta surat keterangan sehat. Namun pada saat waktu yang dijanjikan tiba pelaku menghilang dan tak bisa dihubungi.

Korban yang curiga akhirnya memberanikan diri datang ke Bandara Internasional Banyuwangi untuk mengecek tiket pesawat tersebut. Ternyata tiket pesawat tersebut palsu dan membuyarkan harapan korban

“Tiket pesawat tersebut ternyata hasil scan-an. Termasuk surat keterangan sehat juga hasil scan-an,” kata Kapolresta Arman.

Korban lantas melakukan kroscek ke pihak maskapai yang diakui pelaku sebagai tempat bekerjanya. Alangkah kecewanya korban, ternyata kekasihnya tersebut hanyalah seorang pilot gadungan yang telah memperdayainya.

 “Korban akhirnya melaporkan kasus ini ke Polsek Genteng. Ternyata, banyak korban lainnya yang mencari keberadaan pelaku. Modusnya sama, dia mengaku sebagai pilot,” papar Arman.

Baca Juga : Nekat, Ibu Hamil Sekap Pemilik Warung dan Rampas Uang Jutaan Rupiah

Berdasarkan laporan inilah, polisi langsung melakukan penyelidikan hingga akhirnya berhasil menangkap pelaku. Kini pelaku telah ditetapkan sebagai tersangka dan harus mendekam di balik jeruji sel tahanan. 

“Kami juga berhasil mengamankan barang bukti, berupa satu stel seragam pilot terdiri dari baju kemeja putih, celana panjang hitam, pangkat pilot, ID Card, papan nama, sabuk warna putih,” tutup Kapolresta Banyuwangi.

 

 

 

 

 

 

 

Topik
pilot gadunganpenipuan oleh pilot gadungankorban perempuanBerita Kriminal Banyuwangi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru