Rolls-Royce Kembangkan Mobil Listrik Pertama dengan Mesin BMW!

Jan 20, 2021 16:21
Mobil listrik Rolls-Royce (Foto: Mega Ricos)
Mobil listrik Rolls-Royce (Foto: Mega Ricos)

INDONESIATIMES - Rolls-Royce kini tengah mengembangkan mobil listrik pertamanya.  Bocoran terkait mobil listrik itu pun mulai heboh diperbincangkan.  

Sebelumnya melalui sebuah wawancara, CEO Rolls-Royce, orsten Muller-Otvos mengatakan merek mobil asal Inggris itu akan melewati teknologi hybrid dan plug-in hybrid.

Baca Juga : Sudah Kantongi NJKB, Sinyal Honda City Hatchback Meluncur di RI Makin Terlihat

Kini diketahui, Rolls-Royce sudah mengajukan merek dagang ke kantor paten Jerman.  Merek tersebut tentunya untuk mobil listrik terbaru mereka yakni Silent Shadow. Silent Shadow terdengar sangat cocok untuk kendaraan listrik yang senyap. Mobil ini dikatakan telah meminjam mesin dari BMW.

Melansir melalui Autocar, saat ini ada prototipe Rolls-Royce Phantom bertenaga baterai di R&D BMW.  Prototipe itu rencananya akan digunakan sebagai wadah untuk mencoba powertrain listrik.

Sayangnya belum ada informasi terkait seperti apa desain yang akan disuguhkan untuk Silent Shadow ini.  Namun, ada spekulasi mobil listrik pertama Rolls-Royce akan mengambil inspirasi dari konsep 103EX yang sempat tampil di 2016 lalu.  

Bespoke 'Silent Shadow' to start EV era at Rolls-Royce | Autocar
Foto: Autocar

Terkait powertrain yang sedang diuji yakni powertrain yang sama dengan BMW i7.  Kendati demikian, Rolls-Royce tidak menggunakan rangka atau platform yang sama dengan BMW i7.

Baca Juga : Jangkau Wilayah Selatan, BMW Astra Ekspansi ke Malang

Seperti diketahui, BMW i7 menggunakan platform CLAR. Sementara Rolls-Royce menggunakan spaceframe aluminium khusus mereka sendiri.  Namun persamaan dari mobil listrik Rolls-Royce dan BMW i7 ialah motor listrik, as roda, dan baterai buatan Samsung SDI.

Di sisi lain, Rolls Royce dikatakan juga akan mengembangkan sistem penggerak belakang dan semua roda.  Sistem itu nantinya akan disambungkan dengan paket baterai berkapasitas lebih dari 100 kWh yang menawarkan jarak tempuh 500 km. Kabarnya, sebelum akhir tahun 2021 Rolls-Royce akan membocorkan lebih rinci terkait mobil listrik pertamanya ini. 

Topik
Rolls Royceindonesia timesBerita IndonesiaMobil listrik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru