Peralatan Produksi Plasma Konvalesen belum Memadahi, PMI Kabupaten Malang Tahap Persiapan

Jan 19, 2021 18:58
Plasma Konvalesen (adobestock)
Plasma Konvalesen (adobestock)

MALANGTIMES - Plasma Konvalesen pasien Covid-19 yang telah sembuh akan difungsikan untuk menyembuhkan pasien yang masih dalam pemulihan. Upaya itu juga tengah dipersiapkan oleh PMI Kabupaten Malang. 

Sekretaris PMI Kabupaten Malang, Aprilijanto mengatakan, pihaknya kini masih dalam persiapan untuk memproduksi Plasma Konvalesen. "Untuk di Kabupaten Malang masih belum memproduksi karena peralatannya yang belum ada. Jadi ini masih tahap persiapan," ujarnya, Selasa (19/1/2021)

Baca Juga : Tidak Hanya Vaksin, Terapi Plasma Darah Konvalesen Dinilai Efektif Lawan Covid-19

Menurutnya, dalam proses penyaluran Plasma Konvalesen itu tidak serta-merta diambil dari pasien covid-19 yang sembuh. Namun ada persyaratan yang harus dilakukan.

"Jadi plasma itu diambil dari pasien covid-19 yang telah sembuh. Itu pun tidak sembarang pasien covid-19 yang sembuh, jadi ada persyaratannya. Kalau secara teknisnya itu dari pihak RS ya, sedangkan kita hanya kebijakan saja," ucapnya.

Untuka diketahui, donor darah Plasma Konvalesen adalah donor darah dari penyitas pasien covid-19 untuk membantu pasien yang masih terpapar covid-19. Plasma Konvalesen ini sudah ada sejak lama dan digunakan terapi, terutama pada situasi pandemi seperti ini. 

Gubernur Jatim, Khofifah menyinggung terkait Gerakan Nasional Pendonor Plasma Konvalesen. Dikatakannya, pencanangan Gerakan Nasional Pendonor Plasma Konvalesen ini karena banyaknya kasus plasma. "Konvalesen ini memiliki efektifitas yang sangat tinggi untuk membantu kesembuhan pasien Covid-19," ujarnya.

Baca Juga : Ini Daftar 16 Tokoh Penerima Vaksin Covid-19 di Kota Batu

Maka dari itu, Pemerintah Daerah di Jawa Timur sedang mempersiapkan untuk memproduksi Plasma Konvalesen. 

Topik
Plasma Konvalesen Covid 19 PMI Kabupaten Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru