Pipa Jebol Ganggu Lalu Lintas, Pemkot Malang Minta Perbaikan Segera Dituntaskan

Jan 18, 2021 13:35
Kondisi kawasan depan Apotik Kimia Farma Jl Ijen akibat pipa bocor PDAM Kota Malang. (Foto: Istimewa).
Kondisi kawasan depan Apotik Kimia Farma Jl Ijen akibat pipa bocor PDAM Kota Malang. (Foto: Istimewa).

MALANGTIMES - Pipa PDAM atau kini berubah nama menjadi Perumda Tugu Tirta Kota Malang kembali bocor. Kebocoran tersebut, menjadikan ruas akses jalan di depan Apotek Kimia Farma di kawasan Jl Ijen, Kota Malang, Senin (18/1/2021) terganggu.

Tak hanya mengganggu aktivitas pengguna jalan, kebocoran ini juga menyebabkan matinya air pelanggan PDAM Kota Malang di beberapa titik lokasi.

Baca Juga : Banyak Jabatan Kosong, DPRD Kota Malang Beri Sorotan

 

Wali Kota Malang Sutiaji mengungkapkan, kebocoran pipa tersebut sejatinya menjadi tanggung jawab penuh dari Perumda Tugu Tirta Kota Malang. Ia meminta, perbaikan dilakukan dengan segera dan tanpa mengganggu layanan terhadap pelanggan.

"Itu urusan manajemen sana (PDAM), saya juga baru tahu tadi. Tentu kami minta sesegera mungkin diperbaiki," ujarnya.

Pastinya, ia menginginkan adanya kebocoran itu untuk tidak mengganggu layanan pelanggan air Perumda Tugu Tirta Kota Malang. Apalagi, ada hak bagi pelanggan yang harus difasilitasi dengan optimal.

"Kalau saya, ya pasti jangan sampai ada layanan itu terganggu, kalau memang terpaksa ada gangguan secepatnya untuk ditindaklanjuti. Karena, mereka (pelanggan) punya hak dan kewajiban. Kewajibannya memnayar, haknya harus diberikan pelayanan yang baik," imbuhnya.

Lebih jauh, Dewan Pengawas Perumda Tugu Tirta, Sekda Kota Malang, Wasto menambahkan adapun kondisi kebocoran pipa yang sampi menjadikan area lalu lintas terganggu nantinya akan dipantau secara maksimal terkait proses perbaikannya.

"Penanganan itu kan ada di PDAM, kami nanti akan meminta laporan seperti apa identifikasi penyebabnya, penanganannya, kapan normalnya itu akan kita minta. Tapi, PDAM cepat tanggap kok, secara teknis langsung bergerak dan segera ditangani," ungkapnya.

Baca Juga : Ruas Jalan Gajayana Ambles dan Ganggu Lalin, DPUPRPKP Kota Malang Target 2 Minggu Selesai

 

Menurut Wasto, Perumda Tugu Tirta Kota Malang dinilai sudah memiliki standar operasional prosedur (SOP) yang mumpuni terkait penanganaan gangguan air dan kebocoran pipa. Sehingga, penyelesaian dipastikan akan dilakukan dengan cepat.

"PDAM sudah punya SOP dan penanganan tindakan-tindakannya relatif sudah cukup bagus. Tanpa ditarget dari kami pun, dia akan menyelesaikan secepatnya," tandasnya.

Sebagai informasi, akibat jebolnya pipa PDAM tersebut berdampak di dua wilayah layanan air. Seperti,  di Tlogomas mulai dari Jl Gajayana, Jl Sumbersari, Jl Galunggung, Jl Bendungan Sutami, Jl Salatiga, Jl Jakarta, Jl Surabaya dan sekitarnya. Kemudian wilayah Betek, mulai Jl Merdeka, Stasiun Kota Lama, Jl Zinul Arifin, Pasar Besar, dan sekitarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
PDAM Kota MalangPerumda Tugu Tirta Kota Malangpipa PDAM Kota Malang JebolWakil Wali Kota Malang SutiajiSekretaris Daerah Kota Malang Wastojatim berita jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru