Kelabui Petugas dengan Tutup Pagar dan Matikan Lampu, Kafe di Kota Malang Disegel

Jan 17, 2021 09:45
Walikota Malang Sutiaji memimpin langsung operasi gabungan PPKM dan menyegel satu kafe karena melanggar PPKM, Sabtu (16/1/2021) malam. (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes) 
Walikota Malang Sutiaji memimpin langsung operasi gabungan PPKM dan menyegel satu kafe karena melanggar PPKM, Sabtu (16/1/2021) malam. (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes) 

MALANGTIMES - Pada masa PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di Kota Malang, diberlakukan batas jam malam pukul 20.00 WIB. Ternyata, masih ada modus dari pemilik kafe untuk kelabui petugas yang sedang patroli dengan mematikan lampu kafe dan menutup rapat pagar kafe. 

Modus seperti itu diketahui di salah satu kafe yang berada di Jalan Raya Bukirsari, Kelurahan Tulusrejo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang yakni kafe Hegemoni Kopi pada hari Sabtu (16/1/2021) malam. 

Operasi gabungan PPKM bersama jajaran Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Malang yang dipimpin langsung oleh Wali Kota Malang Sutiaji tersebut langsung meninjau kafe Hegemoni Kopi yang tidak disangka didalamnya terdapat puluhan pemuda-pemudi sedang asyik nongkrong tanpa menghiraukan protokol kesehatan. 



Sutiaji bersama Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata, Dandim 0833/Kota Malang Letkol (Arm) Ferdian Primadona, Kasatpol PP Priadi dan para pejabat lainnya pun dibuat geram dengan aksi puluhan pemuda-pemudi yang pada pukul 23.00 WIB masih asyik nongkrong dan penanggungjawab Kafe Hegemoni Kopi melakukan pembiaran atas kejadian tersebut. 

"Saya mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang sudah berubah. Tapi di sisi lain masih banyak kejadian seakan-akan kita kucing-kucingan. Kami tutup saya lihat tidak pakai protokol Covid-19 duduknya. Kedua, dia bukaknya juga sudah pukul berapa sudah pukul 11 (malam, red). Ketiga seperti kita ditipu gitu, lampu dimatikan semuanya, pagarnya ditutup," ungkap Wali Kota Malang Sutiaji kepada awak media, Sabtu (16/1/2021) malam. 

Dengan modus menutup rapat pagar yang lumayan tinggi dan membuat puluhan sepeda motor yang terparkir didalamnya tidak terlihat dari jalan. Sebelumnya, Sutiaji mengatakan bahwa dirinya telah meminta petugas untuk mendeteksi tempat-tempat yang menjadi kerumunan masyarakat. 



"Saya juga sudah minta salah satu aparat kami untuk mendeteksi mana yang ada kumpulan banyak orang maka disini tadi sudah memenuhi. Banyak yang tidak pakai masker. Makanya saya minta untuk Satpol PP untuk menyegel ini (Kafe Hegemoni Kopi, red)," ujarnya. 

Untuk penyegelan tempat usaha Kafe Hegemoni Kopi sendiri diberlakukan mulai tanggal 16 Januari sampai 30 Januari 2021 atau selama 14 hari. "Jadi saya nutup itu tidak pandang bulu. Kalau kami temukan sesuai dengan kriterianya atau kaidah-kaidah hukum itu maka akan kami tindak," tegasnya. 

Selain melakukan penyegelan terhadap Kafe Hegemoni Kopi, pihak Satpol PP Kota Malang juga melakukan BAP (Berita Acara Pemeriksaan) terhadap puluhan pengunjung yang abai terhadap ketentuan PPKM dan protokol kesehatan Covid-19. 

Hal itu dilakukan untuk memberikan efek jera terhadap para pengusaha dan masyarakat untuk tidak melakukan pelanggaran ketentuan dalam PPKM. "Karena sesungguhnya kami keliling itu bukan menjadi musuh masyarakat tapi kita sayang kepada masyarakat," terangnya. 



Lebih jauh Sutiaji mengatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan patroli dan menerapkan zero tolerance kepada seluruh pengelola tempat usaha yang masih membandel dengan tidak mengindahkan aturan-aturan yang telah berlaku. 

"Kita (terapkan, red) zero tolerance. Jumat kemarin kami tutup (Kriwul Cafe, red). Hari ini juga kami tutup (Hegemoni Kopi, red). Dan tidak menutup kemungkinan kami operasi yang lain juga kami tutup. Jadi kami tidak tebang pilih," pungkasnya. 

Sebagai informasi, dalam operasi gabungan yang digelar pada hari Sabtu (16/1/2021) malam, petugas Satpol PP Kota Malang melakukan penutupan terhadap satu kafe dan memberikan sanksi administrai tertulis kepada lima tempat usaha yang dilakukan BAP.

Topik
kafe bandel disegel di kota malangpenyegelan kafe di kota malangppkm kota malangjam malam kota malangBerita MalangBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru