Digempur Covid-19, Perolehan Pajak Reklame di Kabupaten Malang Malah Meningkat

Jan 15, 2021 17:02
Petugas gabungan Bapenda dan Satpol PP Kabupaten Malang saat menertibkan iklan liar (Foto : Bapenda Kabupaten Malang for MalangTIMES)
Petugas gabungan Bapenda dan Satpol PP Kabupaten Malang saat menertibkan iklan liar (Foto : Bapenda Kabupaten Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES -Meski sejak Maret 2020 lalu pandemi Covid-19 terjadi di Kabupaten Malang, namun beberapa sektor pendapatan pajak daerah justru mengalami peningkatan. Seperti halnya pada pendapatan daerah yang dikelola oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang. 

Made Arya Wedanthara selaku Pelaksana tugas (Plt) Kepala Bapenda Pemkab Malang, salah satu sektor pajak daerah yang mengalami peningkatan tersebut terjadi pada sektor reklame. ”Tahun kemarin (2020) pajak reklame mendulang pendapatan lebih dari Rp 4,1 miliar,” ungkapnya kepada media online ini.

Baca Juga : Mudahkan Masyarakat Akses Layanan Publik, Pemkot Malang Gandeng Gojek

Sekedar diketahui, tahun 2020 lalu pajak reklame ditarget memperoleh Rp 3,3 miliar. Namun, hingga tutup buku, Bapenda Kabupaten Malang mampu merealisasi pajak reklame hingga Rp 4.109.821.186.

”Tahun lalu pajak reklame mengalami surplus 24,54 persen dari target yang telah ditentukan,” terang pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Kabupaten Malang ini.

Jika dibandingkan dengan capaian setahun sebelumnya, pajak reklame terpantau mengalami peningkatan. Rinciannya, dari target yang hanya dipatok Rp 3,9 miliar, hingga akhir tahun 2019 pajak reklame mampu menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Malang, di angka Rp 4.094.442.471 atau surplus sekitar 5 persen dari target yang telah ditentukan. ”Meski saat ini pandemi (Covid-19), namun pendapatan pajak reklame justru mengalami peningkatan,” imbuh Made.

Menurutnya, meningkatnya penghasilan pajak reklame meski digempur pandemi Covid-19 tersebut, tidak terlepas dari upaya pendekatan yang dilakukan Bapenda Kabupaten Malang terhadap para wajib pajak.

”Selain melakukan pendekatan dan meningkatkan pelayanan, meningkatnya pendapatan pajak reklame ini juga berkat kerja keras petugas gabungan dalam melakukan razia penertiban iklan liar di Kabupaten Malang,” paparnya.

Baca Juga : Awal Tahun, Bapenda Kabupaten Malang Gencar Lakukan Razia Iklan Liar

Seperti yang sudah diberitakan, Dijelaskan Made, disetiap tahunnya Bapenda bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) memang aktif menggelar operasi gabungan. Sasarannya adalah penertiban iklan liar yang tidak mengantongi izin atau pun yang menyalahi ketentuan pajak reklame.

Terbaru, petugas operasi gabungan mampu menertibkan 312 reklame liar di wilayah Kabupaten Malang. ”Razia semacam ini (penertiban iklan) akan rutin kami lakukan disetiap bulannya, agendanya di bulan Februari (2021) akan dilaksanakan di Kecamatan Bululawang dan Gondanglegi,” tukasnya.

Topik
Berita Malang Dispenda Pemkab Malang Pajak reklame

Berita Lainnya

Berita

Terbaru