Covid-19, Satlantas Polresta Malang Kota Minimalkan Penilangan, Kedepankan Dikmaslantas

Jan 15, 2021 09:54
Kasat Lantas Polresta Malang Kota Kompol Ramadhan Nasution saat ditemui pewarta di ruangan kerjanya beberapa waktu lalu. (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes)
Kasat Lantas Polresta Malang Kota Kompol Ramadhan Nasution saat ditemui pewarta di ruangan kerjanya beberapa waktu lalu. (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes)

MALANGTIMES -  Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Malang Kota menerapkan kebijakan untuk meminimalisasi penilangan terhadap pelanggar lalu lintas di tengah pandemi covid-19. 

Kasat Lantas Polresta Malang Kota Kompol Ramadhan Nasution mengatakan, masyarakat Kota Malang saat ini sedang mengalami kesulitan dan penurunan ekonomi akibat pandemi covid-19 yang memengaruhi segala aspek. 

"Kami  tidak melaksanakan serta merta dengan hukum atau tilang. Kami lebih mengedepankan dikmaslantas (pendidikan masyarakat lalu lintas, red) atau kegiatan secara humanis," ungkapnya.

Dikmaslantas yang dimaksud yakni menginformasikan rambu-rambu lalu lintas serta mengimbau masyarakat agar melengkapi surat-surat berkendara maupun kelengkapan kendaraan agar sesuai dengan standar pabrik. 

Perwira menengah dengan satu melati di pundaknya ini menerangkan bahwa untuk saat ini pihaknya memang terus melakukan imbauan, seperti razia knalpot tidak sesuai stnadar beberapa waktu lalu.  "Berupa imbauan. Jadi, kami beri pendidikan masyarakat," ucapnya. 

Menurut perwira yang akrab disapa Rama ini, tindakan yang dilakukan kepada para pelanggar knalpot tidak standar tersebut tidak ditilang. Namun, pelanggar diberi pemahaman agar melengkapi dengan standar pabrik. 

"Mereka tidak ditilang, tapi diberi pemahaman bahwasanya harus mengubah spek kendaraan mereka menjadi spek awal atau dari pabrik. Kami buat mereka untuk mengubah kendaraan kembali seperti semula," jelasnya. 

 

Topik
Satlantas Polresta Malang KotaPandemi Covid 19pelanggar lalu lintaspendidikan masyarakat lalu lintas

Berita Lainnya

Berita

Terbaru