Keren, Gagang Pintu Bisa Basmi Virus dan Bakteri Otomatis

Jan 14, 2021 18:41
Gagang pintu otomatis yang mampu membersihkan virus dan bakteri (Clean motion)
Gagang pintu otomatis yang mampu membersihkan virus dan bakteri (Clean motion)

MALANGTIMES - Penyebaran Covid-19 salah satunya turut disebabkan karena adanya kontak tangan melalui kontak langsung pada gagang pintu. Lokasi-lokasi seperti halnya fasilitas umum, kantor, mall dan lokasi lainnya yang pintunya terdapat gagang pintu, tentunya silih berganti dijamah atau disentuh oleh orang.

Saat berganti itulah potensi penyebaran Covid-19 semakin besar. Potensi penularan itu terjadi jika salah satu orang yang memegang gagang pintu itu positif Covid-19, kemudian gagang pintu disentuh oleh orang lain.

Baca Juga : Instagram Luncurkan 6 Fitur di Ulang Tahunnya yang ke-10

Melihat fakta tersebut, inovasi dikeluarkan oleh Cleanmotion, sebuah perusahan asal Swiss yang membuat sebuah gagang pintu memanfaatkan teknologi.

Dikutip dari laman website resminya, yakni cleanmotiondotch. Latar dibuatnya gagang pintu memanfaatkan teknologi ini, juga melihat data yang himpun, dimana 80 persen penularan penyakit menular disebabkan oleh kontak tangan.

Selain itu, data lainnya, 95 persen orang tidak mencuci tangan dengan benar setelah keluar dari sanitarian. 71 persen orang menolak gagasan menyentuh gagang pintu kamar mandi yang sanitarian.

Gagang pintu cerdas tersebut, dibuat memang untuk meningkatkan standar kebersihan pada tempat-tempat dengan aktivitas tinggi serta demi menjaga kesehatan orang-orang d isekitarnya melalui gagang pintu berteknologi yang punya kelebihan. "Efektif menghilangkan 99 persen virus dan bakteri, mudah digunakan, tidak membutuhkan kebiasaan pengguna untuk berubah, waktu pasang yang kurang dari 10 menit serta perawatan yang mudah," tulis dalam laman websitenya.

Dijelaskan lebih lanjut pada website resminya, jika gagang pintu berteknologi tersebut, memiliki empat komponen utama. Komponen tersebut, yakni Light Showing When Disinfected, Disinfektant Tank, Disinfecting Ring dan Disinfected Area.

Cara penggunaan sendiri, cukup mudah dan tidak membutuhkan hal khusus, namun tetap seperti pada umumnya ketika memegang dan melepas gagang pintu.

Baca Juga : iPhone XS dan Smartphone Keluaran Terbaru Masih Pakai Bluetooth, Apa Keunggulannya?

Setelah gagang dilepaskan, cincin disinfektan yang ada di awal gagang pintu akan bergerak ke atas dan ke bawah di sepanjang permukaan. Cincin tersebut akan menghilangkan 99 persen bakteri dengan menyebarkan pembersih dengan disinfektan yang terisi pada tank disinfektan secara otomatis.

Dan jika nantinya cairan disinfektan habis pada tank, tank disinfektan cukup mudah untuk dibuka dan dilakukan pengisian ulang. "Kami ingin meningkatkan standar kebersihan di daerah dengan lalu lintas (aktivitas orang) tinggi untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan kesehatan yang lebih baik di antara penduduk.

Di CleanMotion, kami menawarkan solusi yang membatasi transmisi patogen dari permukaan yang terkontaminasi. Kami beroperasi di tempat-tempat di mana kontaminasi tangan oleh permukaan ini signifikan, seperti kantor, restoran, rumah sakit, fasilitas transportasi, dan area lalu lintas tinggi lainnya," jelas misi dari cleanmotion dari laman websitenya.

Sementara itu, untuk cara mendapatkan gagang pintu berteknologi tersebut, belum terdapat kontak jelas yang bisa dihubungi. Termasuk juga berapa harga dari gagang pintu berteknologi itu, juga belum jelas informasinya dalam website. Namun bagi kalian yang tertarik untuk memesan, bisa mencoba menghubungi pihak cleanmotion melalui pesan lewat website.

Topik
Berita MalangCovid 19
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru