Suasan kunjungan Kepala DLH Kota Batu bersama DPRD Kota Batu di Taman Bondas, Kota Batu, Rabu (13/1/2021)
Suasan kunjungan Kepala DLH Kota Batu bersama DPRD Kota Batu di Taman Bondas, Kota Batu, Rabu (13/1/2021)

MALANGTIMES- Dalam rangka kunjungan ke Taman Bondas Kota Batu, Kepala DLH Kota Batu Bersama DPRD akan melakukan perbaikan dengan konsep taman sehat, Rabu (13/1/2021). Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Aris Setiawan mengatakan, pihaknya mendapatkan masukan dari pihak DPRD untuk melakukan perombakan atau penambahan tanaman maupun Bunga di Taman Bondas, Kota Batu.

"Setelah dicek bersama, kami mendapatkan masukan dari DPRD kota Batu untuk memperkaya tanaman. Seperti tanaman toga dan bunga-bunga," ujarnya.

Baca Juga : Kota Batu Target Zona Hijau, Dewanti Minta Warga di Rumah Saja

Tidaknya hanya itu, masukan yang diberikan juga adalah bagaimana taman ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di saat pandemi ini.

"Usulan DPRD maupun Wali Kota sendiri meminta agar taman ini juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di masa pandemi. Nantinya juga ada penataan PKL serta ada tempat penjualan barang atau makanan khas Kota Batu," jelasnya.

Diketahui, ada 55 taman dengan total luasan 267 meter persegi yang nanti dipercantik. 

Terkait anggaran, pihak DLH Kota Batu masih belum mengetahui seberapa besar anggaran yang dibutuhkan. "Anggarannya masih belum. Semisal anggaran tahun 2021 ini kurang, nanti kita ajukan lagi ke pihak legislatif," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisi C DPRD Kota Batu Khamim Tohari mengatakan, dengan adanya perubahan di taman kota ini, ia mengusulkan perlu adanya pekerja bunga yang berasal dari Kota Batu sendiri. Mengingat Kota Batu adalah penghasil bunga paling bagus se-Jawa Timur.

Baca Juga : Kota Batu Berpotensi Kehilangan Warisan Sejarah

"Nah kita perlu mengikutsertakan para penghasil bunga atau tanaman asal Batu. Di luar daerah saja, pekerjaan diambil dari Kota Batu. Ya nantinya kita perkaya tanaman toga," ujarnya.

Lanjutnya, dengan ada perubahan di taman kota ini bisa memecah wisatawan yang berada di alun-alun. "Selain tujuan konsep taman sehat, juga agar memecah wisatawan di alun-alun. Jadi enggak hanya di alun-alun saja. Selain itu, taman ini juga bisa meningkatkan keekonomian masyarakat tentunya," pungkasnya.