Simulasi Pembagian Vaksin Covid di Kota Batu, Begini Alur Pelayanannya

Jan 13, 2021 13:56
Simulasi pemberian vaksinasi kepada peserta di Rumah Sakit Baptis, Rabu (13/1/2021).
Simulasi pemberian vaksinasi kepada peserta di Rumah Sakit Baptis, Rabu (13/1/2021).

MALANGTIMES - Vaksinasi covid-19 di Kota Batu baru akan dilakukan Febuari nanti. Maka dari itu, pemerintah melakukan simulasi vaksinasi di Rumah Sakit Baptis, Kota Batu, Rabu (13/1/2021).

Dalam simulasi, ada empat meja untuk melakukan beberapa tahapan. Di meja 1, peserta harus menunjukan e-ticket untuk verifikasi. Verifikasi data dilakukan dengan menggunakan aplikasi P-Care.

Baca Juga : Puskesmas Rampal Celaket Gencarkan Penyuluhan Prokes di Pasar Rakyat

Di meja 2, petugas kesehatan melakukan anamnesa dan pemeriksaan fisik sederhana untuk melihat kondisi kesehatan dan mengidentifikasi komorbid (penyakit bawaan). Setelah itu dilakukan skrining melakukan aplikasi P-Care.

"Jika ada penyakit bawaan saat diperiksa, akan ditunda dan dijadwalkan ulang oleh sistem," ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Malang dr Dina Diana Permata.

Di meja 3, petugas memberikan vaksinasi secara intramuskular sesuai prinsip penyuntikan aman. "Kemudian petugas memasukkan nama vaksin dan nomor batch vaksin yang diberikan kepada sasaran pada aplikasi P-Care," ungkap Diana.

Terahkir di meja 4, petugas mencatat hasil pelayanan vaksinasi ke dalam aplikasi P-Care. Kemudian sasaran diobservasi selama 30 menit untuk memonitor kemungkinan KIPI (kejadian ikutan pasca-imunisasi). Setelah itu, peserta mendapatkan  kartu vaksinasi elektronik.

Dalam kegiatan simulasi suntik vaksinasi, BPJS Kesehatan diberi amanah untuk menyiapkan aplikasi fasilitas kesehatan vaksin. Yakni P-Care (Primary Care) Vaksin.

Baca Juga : Hari ini Tambahan Pasien Konfirmasi Kembali ke Angka Dua Digit, 9 Kesembuhan di Kota Batu

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Malang dr Dina Diana Permata menjelaskan, aplikasi ini ditujukan pada fasilitas kesehatan. Pihaknya telah ditunjuk sebagai vaksinator oleh Dinas Kesehatan. Aplikasi tersebut tentunya berbasis web dan akan diakses oleh fasilitas yang ditunjuk oleh Dinkes.

"Jadi, tidak semua bisa mengakses aplikasi ini.  Di dalam aplikasi ini, nanti akan diberikan data peserta yang akan menjadi sasaran untuk dilakukan vaksin," kata Diana.

 

Topik
Simulasi Pembagian VaksinVaksinasi covid 19 di Kota Baturumah sakit Baptis Kota Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru