Emeraldo Latief memamerkan karya mahasiswa jurusan bahasa Jerman, yang membuat miniatur 'Neujhr' yakni bangunan khas Jerman.
Emeraldo Latief memamerkan karya mahasiswa jurusan bahasa Jerman, yang membuat miniatur 'Neujhr' yakni bangunan khas Jerman.

MALANGTIMES - Fakultas Sastra Jurusan Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang (UM), mampu menyulap halaman gedung perkulihan Local D Fakuktas Sastra, layaknya nuansa negara Jerman.

Pasalnya, mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Bahasa Jerman itu, menggelar kegiatan unik bertema Deutschen Tage 2015. 

Ketua pelaksana, Emeraldo Latief mengatakan, bahwa kegiatan ini menghadirkan suasana empat musim yang dimiliki negara Jerman. Seperti Helloween, Pasca, October Fest dan Hari Ibu.

"Setiap musim di Jerman punya festival masing-masing. Dikegiatan ini kita menggabungkan festival-festival itu," jelas  Aldo.

Dalam kegiatan ini, Festival Helloween digambarkan dengan suasana kuburan dan atribut 'hantu' yang bernuansa angker. Lalu pada musim pasca, digambarkan dengan banyaknya telur-telur yang dihias lalu digantung diranting-ranting pohon.

Ada pula October fest yang digmbarkan dengan jejeran botol-botol beer yang dihias dengan kertas mika. "October fest di Jerman dirayakan dengn minum-minum wine atau beer sepanjang malam," tambahnya.

Kemudian ada pula hari Ibu yang digambarkan dengan pameran-pameran foto bayi dan ibu.

Festival tahunan ini selalu menjadi hiburan tersendiri untuk mahasiswa. Sebab, festival ini dinilai mampu menumbuhkan minat mahasiswa untuk berkunjung ke Jerman. (*)