Usut Proyek Block Office, KPK Periksa Ruangan Wali Kota Batu, Dewanti: Mereka Mencari Dokumen Lama

Jan 08, 2021 16:59
Walikota Batu, Dewanti Rumpoko saat ditemui di lantai 5 Balai Kota Batu, Jumat (8/1/2021)
Walikota Batu, Dewanti Rumpoko saat ditemui di lantai 5 Balai Kota Batu, Jumat (8/1/2021)

MALANGTIMES - Penyitaan berkas oleh petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di lingkungan Pemerintah Kota Batu berlanjut. Sebanyak tiga koper diamankan oleh KPK dari ruangan Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko yang berada di lantai 5, Balai Kota Among Tani Batu, Jumat (8/1/2021).

Berkas itu dimasukkan dalam tiga koper berwarna merah, hitam dan abu-abu. Ketiga koper tersebut disita setelah dilakukan pemeriksaan sekitar 4 jam, mulai dari pukul 10.00 Wib sampai pukul  13.00 WIB. Berkas yang disita itu merupakan dokumen lama berkaitan dengan proyek di tahuna anggaran 2011-2017. 

Baca Juga : Hari Kedua Geledah Balai Kota Batu, KPK Sita Dokumen Perizinan Usaha dan Transaksi Keuangan

Selain menyita berkas dari ruangan Wali Kota, petugas KPK juga menyita sejumlah berkas di Dinas Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan daerah di lantai 4. Dari ruangan ini, tim KPK telah membawa dua koper berwarna abu-abu dan hijau. Jadi berkas yang dibawa KPK total ada sebanyak lima koper.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko mengatakan, pihaknya tidak tahu hal tersebut sejak kemarin. Namun saat dilakukannya pemeriksaan di ruang kerjanya,  ia hanya mengatakan pemeriksaan dokumen  lama tahun 2011-2017.

"Saya tidak tahu, karena tidak ada pemberitahuan. Dan ternyata SOPnya seperti itu. Jadi kunjungan KPK itu tidak perlu adanya surat pemberitahuan. Kemudian saat memeriksa ruangan saya, ya saya persilakan. Karena kami melayani tamu dengan baik. Mereka itu mencari dokumen 2011-2017," ujarnya.

Kadis Kominfo Kota Batu, Agus Mahmudi menambahkan, tim KPK memeriksa dokumen berkaitan dengan belanja jaringan block office. Ia juga sempat ditanyai KPK terkait hal itu. Lalu ia mengatakan jika kominfo berdri januari 2017 dan kegiatan itu pada tahun 2016.

"Seperti biasanya mereka mencari berkas-berkas berkaitan dengan belanja jaringan Block Office. Kemudian kita mencari data-data yang berkaitan karena kami berdiri tahun 2017. Setelah kami Tracing ternyata dokumen itu ada di aset. Lalu kami sampaikan jika data-data itu berada di aset. Untuk penggeledahan hanya sebentar kemungkinan hanya 1 jam," jelasnya.

Baca Juga : 5 Jam Pemeriksaan di DPMPTSPTK Kota Batu, KPK Bawa 3 Koper

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendatangi Balai Kota Batu, Jumat (8/1/2021). Dari pantauan, kini tim KPK memeriksa ruangan Wali Kota Batu di lantai 5 dan Dinas Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan daerah di lantai 4. Pemeriksaan tersebut dilaksanakan sejak pukul 10.00 WIB. 

Plt Jubir KPK, Ali Fikri hanya mengatakan pemeriksaan dan pencarian dokumen. "Agendanya tetap masih dalam pencarian dokumen saja sebagai pengembangan," ujarnya. 

Rencananya, dokumen tersebut akan dianalisis oleh KPK. Banyak dokumen yang diperiksa, di antaranya adalah dokumen perizinan usaha, catatan transaksi keuangan yang terkait dengan perkara. 

Topik
Berita Batukpk di kota batukpk usut proyek lama

Berita Lainnya

Berita

Terbaru