Periksa Dua Saksi, KPK Ungkap Ada Dugaan Pemberian Suap Proyek di Kota Batu

Jan 07, 2021 15:40
Suasana kantor di DPMPTSPTK di Balai Kota Batu.
Suasana kantor di DPMPTSPTK di Balai Kota Batu.

MALANGTIMES - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan dan mengamankan sejumlah berkas terkait proyek pekerjaan dan perizinan tempat wisata pada tahun 2011-2017. Dari hasil tersebut, petugas KPK akan menganalisis dan dilakukan penyitaan untuk barang bukti.

Terkait pemeriksaan yang dilakukan di Mapolres Batu terhadap dua saksi pada Selasa (5/1/2021) lalu, Plt Jubir KPK Ali Fikri mengatakan ada dua orang saksi yang diperiksa. Yakni Moh. Zaini, pemilik PT Gunadharma Anugerah, dan Kristiawan selaku mantan asisten rumah tangga mantan Wali Kota Eddy Rumpoko.

Baca Juga : KPK Geledah 3 Dinas di Kota Batu, Wali Kota Batu: Saya Gak Tahu, Tanya yang Periksa Saja

"Moh. Zaini  tengah didalami  terkait dugaan pemberian sejumlah uang kepada pihak yang terkait perkara ini agar bisa mendapatkan proyek pekerjaan di Pemkot Batu," ujarnya, Kamis (7/1/2021)

Sedangkan keterangan Kristiawan juga tengah didalami. "Kristiawan selaku mantan asisten rumah tangga didalami pengetahuannya terkait dugaan sebagai perantara penerimaan atas perintah dari pihak yang terkait perkara ini untuk menerima sejumlah uang dari para kontraktor dan SKPD di Pemkot Batu," ujar Ali.

Dari hasil pemeriksaan dua saksi itulah,  KPK kemudian melakukan pengembangan perkara dugaan korupsi penerimaan gratifikasi Pemkot Batu 2011-2017

 

Topik
Komisi Pemberantasan KorupsiPenyidikan KPKKota BatuPemkot Batugratifikasi Pemkot Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru