Seluas 550 Hektar Hutan di Gunung Bromo dan Semeru Terbakar

Nov 13, 2015 16:28
Gunung Bromo dan Semeru Terbakar. (Foto: googleimage)
Gunung Bromo dan Semeru Terbakar. (Foto: googleimage)

MALANGTIMESĀ - Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Ayu Utari menyampaikan bahwa selama 2015, seluas 550 hektar lahan gunung bromo dan semeru telah habis dilahap si jago merah.

Dengan perincian, 440 hektar terbakar di gunung semeru dan 110 hektar di gunung bromo. Faktor penyebab kebakaran yakni cuaca kemarau dan api meluas cepat karena angin, serta faktor human eror. Dimana pendaki membuang putung rokok dan meninggalkan api unggun dalam keadaan belum mati sempurna.

Total Kebakaran seluas 550 hektar itu terjadi di beberapa titik kawasan tnbts. "Kebakaran paling besar yang menghabisi 330 hektar hutan, terjadi di waturejeng, semeru sekitar pertengahan Oktober lalu," kata Ayu.

Dia menginformasikan bahwa kebakaran di waturejeng padam sejak dua minggu kemarin, akibat hujan yang terus turun di sekitar tnbts. "Sampai sekarang sudah tidak ada lagi kebakaran hutan," tambahnya.

Namun, walau semeru aman dari kebakaran, tnbts tetap menutup jalur pendakian. Mengingat kondisi gunung bromo yang berstatus waspada, serta frekuensi kegempaan gunung bromo dan semeru yang terus mengalami peningkatan.Ā (*)

Topik
TNBTS Kebakaran hutan Gunung Semeru Gunung Bromo

Berita Lainnya

Berita

Terbaru