Bupati Malang HM. Sanusi saat ditemui awak media di lobi gedung Anusapati, Pendopo Agung Kabupaten Malang, Senin (4/1/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes) 
Bupati Malang HM. Sanusi saat ditemui awak media di lobi gedung Anusapati, Pendopo Agung Kabupaten Malang, Senin (4/1/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTimes) 

MALANGTIMES - Beberapa waktu lalu, dikabarkan bahwa beberapa kepala daerah seperti Walikota Malang, Sutiaji dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa terpapar Covid-19. Namun Bupati Malang HM. Sanusi masih tampak sehat dan belum pernah terpapar Covid-19. 

Padahal kegiatan Sanusi beberapa bulan ke belakang, khususnya pada momentum Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Malang 2020 terbilang sangat sibuk dan selalu berkeliling di wilayah Kabupaten Malang. 

Lalu, ketika ditemui awak media di lobi Gedung Anusapati, Pendopo Agung Kabupaten Malang, Bupati Malang HM. Sanusi mengatakan beberapa tips dan langkah-langkah sebagai upaya pencegahan terpapar Covid-19. 

"Ya saya menerapkan 4M. Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan," ungkapnya kepada awak media, Senin (4/1/2021). 

Lanjut Sanusi bahwa dirinya menerapkan protokol kesehatan Covid-19 berupa 4M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan) secara ketat sehingga dirinya pun juga menghindari untuk bersalaman langsung dengan masyarakat umum. 

"Saya tidak bersentuhan dengan siapapun. Semaksimal mungkin saya terapkan 4M. Makanya saya nggak mau salaman," jelas politisi PDI Perjuangan ini. 

Selain menerapkan protokol kesehatan Covid-19 berupa penerapan 4M secara ketat, Sanusi mengatakan bahwa dirinya juga menjaga pola makan dan olahraga teratur untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar. 

"Makanan rutin ya ada, makan nasi, sayuran, olahraga rutin. Jadi nggak ada resep khusus. Yang terpenting juga perbanyak doa," ujarnya. 

Sementara itu, Sanusi juga mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Malang secara luas agar minimal mengikuti pola dirinya dalam menerapkan 4M secara ketat. Karena hal ini merupakan upaya dan usaha dari masyarakat untuk mencegah dari paparan Covid-19 yang teruse mewabah. 

Sebagai informasi, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Malang pada hari Senin (4/1/2021) per pukul 13.49 WIB total orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 1.538 orang, berhasil sembuh 1.414 orang dan sebanyak 87 orang dinyatakan meninggal dunia.