Harga Kedelai Melonjak Tinggi, Produsen Tahu Lakukan Siasat Penjualan

Jan 04, 2021 19:17
pengrajin pabrik tahu kawasan Kelurahan Temas, Senin (4/1/2021)
pengrajin pabrik tahu kawasan Kelurahan Temas, Senin (4/1/2021)

MALANGTIMES - Diketahui harga bahan baku kedelai naik drastis. Dari kisaran Rp 6,5- 7 ribu perkilonya menjadi Rp 9,5- 10 ribu. Selain produsen tempe yang mengalami penurunan produksi serta timbulnya kenaikan harga, hal serupa juga dialami oleh produsen tahu.

Salah satu produsen di pabrik tahu kawasan Kelurahan Temas, Suwono juga memilih untuk mengurangi ketebalan tahu sebagai penyiasatan agar penjualan terus berjalan.

Baca Juga : Harga Tahu-Tempe Naik Per Hari Ini, Berikut Penjelasan Kemendag

"Ketebalan kami kurangi setengah centimeter. Harga penjualan tahu juga naik dari Rp 250 untuk satu kotak tahu goreng kini naik menjadi Rp 300-400 perkotaknya," ujarnya.

Terkait permasalahan kenaikan kedelai tersebut, Ketua Kadin (Kamar Dagang Indonesia) Kota Batu Endro Wahyu mengatakan harus adanya perhatian khusus dari Pemkot Batu.

Hal ini dikarenakan belum ada bimbingan dari Pemkot terhadap UMKM Tempe di Kota Batu setelah pihaknya selesai melakukan hiring dengan Kepala Desa Beji.

Baca Juga : Kedelai Impor Naik, Disperindag Kabupaten Malang Pastikan Stok Masih Aman

"Kami akan membantu dengan jaringan Malang Raya dan Surabaya dalam segi pemasaran. Sudah saatnya tempe ini juga dikonsumsi oleh golongan menengah keatas," ujarnya.

Topik
produsen tahu harga kedelai naik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru