Sudah 2 Minggu, Harga Cabai Naik 60 Persen di Pasar Besar Kota Batu

Jan 04, 2021 18:22
Harga cabai naik 60 persen di Pasar Besar, Kota Batu, Senin (4/1/2021).
Harga cabai naik 60 persen di Pasar Besar, Kota Batu, Senin (4/1/2021).

MALANGTIMES - Harga cabai di Kota Batu masih tinggi. Sudah dua minggu ini, harga cabai naik sebesar 30 persen dibandingkan harga sebelumnya.

Salah satu pedagang Pasar Besar Kota Batu, yakni Nur, Senin (4/1/2021), mengakui masih tingginya harga cabai. "Harganya naik dari Rp 50 ribu per kilogram menjadi Rp 80 ribu," ujarnya. "Harga naik sudah dua minggu lalu dikarenakan pasokannya dari Pujon mulai berkurang," ungkapnya.

Baca Juga : Harga Tahu-Tempe Naik Per Hari Ini, Berikut Penjelasan Kemendag

Karena masih tingginya harga cabai itu, pembeli melakukan pembelian tidak dalam jumlah banyak.  "Pembeli sih ya ada yang beli. Cuma belinya hanya per ons. Nggak sampai per kilo. Mungkin bulan depan harga cabai stabil lagi kok," ujar Nur.

Sementara , Ketua Gapoktan Margomulyo Pujon Sutris menjelaskan cabai di sawah  cukup banyak mengalami gagal panen dikarenakan cuaca ekstrem.  “Cuaca ekstrem yang jadi keluhan petani. Bahkan ada yang gagal panen sampai setengah hektare,” ungkapnya.

Selain karena cuaca, mahalnya harga cabai ini dipicu  biaya operasional penyemprotan cairan pestisida cenderung mahal jika dilakukan berkali-kali.  "Sekarang, penyiraman belum selesai sudah diguyur hujan sehingga otomatis jadi kurang maksimal. Penyerapan pestisida dan obat agar tidak membusuk biasanya memakan waktu tiga jam," katanya.

Sedangkan Siti sebagai pembeli cabai juga mengatakan harga cabai saat ini mahal. "Tadi saya beli hanya per ons, sesuai kebutuhan di rumah," ujarnya.

Selain cabai,  harga bawang merah naik dari Rp 22 ribu per kilogram menjadi Rp 25 ribu.
 

 

Topik
Harga CabaiKota BatuHarga Cabai NaikPasar Besar Kota Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru