Gunung Bromo Masih Berstatus Waspada

Nov 13, 2015 14:30
Gunung Bromo. (Foto: googleimage)
Gunung Bromo. (Foto: googleimage)

MALANGTIMES - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) masih menetapkan Gunung Bromo  dalam status 'waspada' hingga Jumat (13/11/2015) siang ini.

Kepala BBTNBTS, Ayu Utari mengatakan frekuensi kegempaan gunung bromo dan gunung semeru meningkat. Namun tetap dalam status waspada. "Secara visual masih dapat diamati.

Sejak pukul 00-06:00 WIB cuaca gunung bromo terang,angin sedang ,gunung bromo terlihat jelas, asap putih sedang tekanan lemah, tinggi asap 50-100mdpk," jelas Ayu.

Karena status waspada ini, tnbts mengambil langkah awal untuk mengantisipasi kejadian tidak diinginkan. Seperti, memasang rambu larangan  naik ke kawah gunung bromo.

"Sekitar 10 orang Petugas jaga sudah kita tempatkan di sekitar tangga naik bromo untuk melarang wisatawan naik ke kawah," tambah Ayu.

Ayu juga mengatakan ada kemungkinan status gunung bromo akan meningkat. Karena itu tnbts akan selalu berkoordinasi dengan pvmbg bromo dan semeru.

Wisatawan juga diharapkan mengikuti peraturan dan papan larangan serta mendengarkan jika ada peringatan yang disampaikan.

Selain itu, TNBTS juga menetapkan penutupan pendakian gunung semeru melalui jalur manapun. "Kita akan terus tingkatkan patroli untuk mengawasi keadaan gunung dan wisatawan," tutupnya.

Untuk informasi, wilayah wisata sunrise, sunset, pasir berbisik, savana, dan air terjun masih tetap dibuka seperti hari biasa. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Gunung BromoBB TNBTS

Berita Lainnya

Berita

Terbaru