Arus Balik, Penumpang KA Stasiun Kota Baru Malang Terbanyak Setelah Surabaya

Jan 04, 2021 10:08
Beberapa penumpang KA yang terlihat di Stasiun Kota Baru Malang (Hendra Saputra)
Beberapa penumpang KA yang terlihat di Stasiun Kota Baru Malang (Hendra Saputra)

MALANGTIMES - Jumlah penumpang di Stasiun Kota Baru Malang selama momen libur natal dan tahun baru mengalami lonjakan yang cukup signifikan. Jumlah penumpangnya pun menduduki posisi ke dua terbanyak di Daop 8 Surabaya setelah Stasiun Surabaya Gubeng.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto menyampaikan, total penumpang dari Stasiun Kota Baru Malang selama libur Nataru dari tanggal 18 Desember 2020 hingga 3 Januari 2021 berjumlah 27.691 penumpang. Sementara penumpang terbanyak dari Stasiun Surabaya Gubeng yang berjumlah 46.667 penumpang.

Baca Juga : Mulai 1 Januari Ini, PT KAI Daop 8 Surabaya Tutup Loket Pelayanan di 23 Stasiun

“Maka dari itu kita tambahkan (satu, red) gerbong KA Gajayana untuk di Stasiun Kota Baru Malang karena rata-rata tingkat okupansinya di atas 95 persen. Penambahan dilakukan saat puncak arus,” katanya.

Pada masa Nataru, untuk Stasiun Kota Baru Malang menurutnya telah dioperasikan 46 KA lokal dan 6 KA jarak jauh. Kemudian pada puncak arus yang terjadi pada Minggu (3/1/2021) kemarin, Stasiun Kota Baru Malang menambah satu gerbong KA Gajayana dari Malang-Gambir Jakarta.

Suprapto sendiri sebelumnya memprediksi bahwa di Stasiun Kota Baru Malang akan mengalami kenaikan di puncak arus balik, dibandingkan pada saat awal libur Nataru.

"Khusus di Stasiun Kota Baru Malang, paling tinggi selama libur Nataru terjadi di tanggal 20 Desember 2020, yakni sebanyak 1.989 penumpang. Untuk puncak arus yang terjadi hari Minggu (03/01/2021) kami sebelunya memprediksi akan terjadi jumlah tertinggi, yakni sekitar 2.000 penumpang," jelasnya.

Baca Juga : Besok Diresmikan, Ini Sederet Rekayasa Lalin di Kawasan Jembatan Kedungkandang

Menurut Suprapto, penumpang terbanyak terjadi pada KA jarak jauh dari Malang-Surabaya menuju Bandung ataupun Jakarta. “Paling banyak didominasi kereta perjalanan jauh,” pungkasnya.

 

Topik
penumpang kereta api Stasiun Kota Baru Malang okupansi penumpang kereta api kereta api malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru