5 Puskesmas dan 4 RS Rujukan Kota Batu Jadi Tempat Vaksinasi Covid-19

Jan 02, 2021 17:26
Salah satu aparatur sipil negara saat melakukan rapid test di Kota Batu beberapa saat lalu.
Salah satu aparatur sipil negara saat melakukan rapid test di Kota Batu beberapa saat lalu.

MALANGTIMES - Vaksin covid-19 bakal hadir pada Maret mendatang di Kota Batu. Meski masih dua bulan lagi, Dinas Kesehatan Kota Batu sudah menyiapkam persiapan vaksinator atau petugas yang akan memberikan vaksin kepada pasien di Kota Batu.

Ada lima puskesmas dan empat rumah sakit (RS) rujukan yang disiapkan untuk tempat vaksinasi covid-19.

Baca Juga : Cek Daftar Nama Penerima Vaksin Covid-19 Lewat Aplikasi Peduli Lindungi, Begini Caranya!

“Untuk masing-masing puskesmas, kami sudah menyiapkan lima petugas. Lima puskesmas tempat vaksinasi nanti adalah Puskesmas Batu, Sisir, Bumiaji, Beji, dan Bumiaji,” ungkap Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Batu dr Yuni Astuti.

Selain lima puskesmas tersebut, pelayanan pemberian vaksin itu juga dilakukan di empat rumah sakit rujukan covid-19 di Kota Batu. Empat rumah sakit rujukan itu juga telah melakukan kerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

“Selain lima puskesmas itu ada empat  rumah sakit rujukan. Masing-masing RS Karsa Husada, RS Hasta Brata, RS Baptis, RS dr Etty Asharto,” imbuh Yuni. Jadi, nantinya ada sembilan fasilitas kesehatan yang ditunjuk sebagai tempat vaksinasi covid-19 untuk Kota Batu.

Teknisnya, satu kali vaksinisasi membutuh waktu 2 jam untuk 20 sasaran dengan petugas 5 orang di puskesmas tersebut. Pelayanan vaksin dilakukan di luar jam kerja dengan diawasi satu dokter.

“Nanti untuk alur penerima vaksin harus ke tempat pendaftaran. Kemudian anamnesa, pelayanan imunisasi, pencatatan dan terakhir dilakukan observasi," ucap Yuni.

Kebutuhan vaksin itu akan diprioritaskan kepada mereka dengan risiko tinggi. Misalnya petugas kesehatan, TNI, Polri, petugas pelayanan. Setelah itu, baru vaksin akan diberikan kepada masyarakat umum Kota Batu.

Baca Juga : Jokowi Sebut Gratis, Kota Malang Tetap Siapkan Rp 200 Miliar untuk Vaksin Covid

Mereka yang menerima itu targetnya warga yang usianya 15-59 tahun. Penerima vaksin masing-masing akan mendapatkan dua kali injeksi. Antara injeksi pertama dan kedua diberi rentang waktu 14 hari.

Di Kota Batu, yang akan menjadi prioritas pemberian vaksin seperti tenaga kesehatan sejumlah 785 orang. Mereka terdiri dari dokter, perawat, tenaga kesehatan, dan tenaga non-kesehatan yang terlibat dalam penanganan covid-19.

 

Topik
Vaksinasi Covid 19Berita BatuCovid 19

Berita Lainnya

Berita

Terbaru