Gunung Semeru Ditutup Total Tahun Baru

Dec 30, 2020 15:01
Ilustrasi gunung semeru. (Foto: source google).
Ilustrasi gunung semeru. (Foto: source google).

MALANGTIMES - Bagi kalian penghobi wisata alam pendakian gunung, di momen pergantian malam tahun baru kali ini, nampaknya harus menahan diri sejenak. 

Pasalnya, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) menutup total area wisata pendakian Gunung Semeru Bulan Maret 2021 mendatang.

Baca Juga : Libur Akhir Tahun, Berwisata ke Bromo Wajib Rapid Test Antigen

Dengan penutupan tersebut, sebanyak 4.736 yang telah mendaftar untuk pendakian gagal terlaksana. "Terhitung sejak 30 November sampai 31 Desember 2020, jumlahnya memang segitu (4.736 pendaki yang batal ke Gunung Semeru)," kata Plt Kepala Balai Besar TNBTS, R. Agus Budi Santosa.

Agus menambahkan, penutupan total akses ke Gunung Bromo tersebut dilakukan setelah melalui pertimbangan kondisi klimatologi saat ini di masa jelang akhir tahun 2020 ini. Seperti, intensitas curah hujan yang masih tinggi.

"Adanya peningkatan intensitas curah hujan yang tinggi dan kemungkinan terjadinya badai sebagaimana diprakirakan oleh Pusat Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)," ungkapnya.

Pertimbangan lainnya, kata Agus, akan dilakukannya revitalisasi ekosistem yang ada di kawasan wisata Gunung Semeru. Karenanya, penutupan dilakukan total selama beberapa bulan ke depan.

"Ini kami lakukan juga untuk pemulihan atau revitalisasi ekosistem. Maka, pendakian akan ditutup total hingga 31 Maret 2021," tandasnya.

Baca Juga : Wisata Ditutup, Pengunjung Hotel dan Restoran di Kabupaten Malang Diwajibkan Rapid Test

 

Seperti diketahui, sejak Jumat (27/11/2020) lalu, aktivitas Gunung Semeru terjadi peningkatan, bahkan masuk kategori Level II Waspada. Lantaran aktivitasnya yang terus mengalami peningkatan, Balai Besar TNBTS akhirnya melakukan penutupan akses bagi para pendaki.

Pada Selasa (1/12/2020) lalu, Gunung Semeru meletus dengan memuntahkan awan panas pada sekitar pukul 03.00 WIB. Bahkan laju awan tersebut sudah mencapai kaki gunung. Karena kejadian ini, warga sekitar sempat diminta untuk mengungsi.

Topik
Gunung SemeruPendakian Gunung Semeru DitutupBerita Wisata
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru