Hina Islam, Apollinaris Darmawan Resmi Divonis 5 Tahun Penjara

Dec 30, 2020 10:40
Apollinaris Darmawan (Foto: Twitter @ApolDarmawan)
Apollinaris Darmawan (Foto: Twitter @ApolDarmawan)

MALANGTIMES - Seorang kakek di Bandung bernama Apollinaris Darmawan kini telah resmi divonis oleh majelis hakim. Vonis ini berkaitan dengan aksi Apollinaris Darmawan yang telah menghina agama Islam.  

Atas perbuatannya, Apollinaris Darmawan diputus bersalah dan divonis lima tahun penjara. Pembacaan vonis tersebut dilakukan di Pengadilan Negeri (PN) Bandung pada Selasa (22/12/2020) oleh majelis hakim.  

Baca Juga : Tolak Bantu Kasus Rizieq, Yusril: Saya Sudah Murtad Pilih Presiden Menurut Versi Anda

"Pidana penjara lima tahun," ujar Humas PN Bandung Wasdi Permana.

Selain itu, Apollinaris juga dikenakan hukuman denda senilai Rp 800 juta dengan ketentuan bila tidak dibayar diganti dengan tiga bulan kurungan. 

Wasdi mengatakan jika Apollinaris disebut bersalah sesuai Pasal 28 Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

"Kwalifikasinya dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA)," kata dia.

Sebelumnya, Apollinaris telah ditangkap aparat kepolisian dan warga, di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (8/8/2020) silam.  

Bahkan, video penangkapannya pun sempat beredar di media sosial. Ia diketahui kerap menghina Islam melalui media sosialnya.  

Ternyata ia pun pernah diproses hukum dengan kasus yang sama.

Baca Juga : Gasak Motor Warga Jabung, Komplotan Maling Spesialias Persawahan Diringkus Polres Blitar

Dipantau melalui media sosial, kakek asal Bandung ini memiliki dua akun Twitter mengatasnamakan Apollinaris Darmawan yaitu @ApolDarmawan dan @Darmawan220749. Kedua akun itu mengunggah materi yang seolah menghina ajaran, pengikut, dan semua yang berkaitan dengan Islam.

"Menjelaskan secara terbuka dan beradab bahwa Islam bukan agama, melainkan ajaran sesat yang mendungukan serta membiadabkan umatnya," tulis Apollinaris Darmawan di akun @ApolDarmawan.

Sementara di akun @Darmawan220749, pria ini mengklaim ikut mencerdaskan dan mencerahkan bangsa melalui tulisan. Dia juga menyertakan alamat blog yang memuat tulisannya.

 

Topik
pelecehan agama

Berita Lainnya

Berita

Terbaru