Monkey Boots Tutup Akhir Tahun 2020 dengan Luncurkan Single "Berdetak"

Dec 25, 2020 16:50
Ilustrasi peluncuran single dari Monkey Boots yang bertajuk Berdetak. (Foto: Dok. Monkey Boots) 
Ilustrasi peluncuran single dari Monkey Boots yang bertajuk Berdetak. (Foto: Dok. Monkey Boots) 

MALANGTIMES - Menutup akhir tahun 2020 yang juga sekaligus berbarengan dengan momentum perayaan Natal, salah satu unit Jamaican Sounds asal Jakarta, yakni Monkey Boots, mempersembahkan single terbarunya yang bertajuk "Berdetak". 

Peluncuran single bertajuk "Berdetak" ini juga sebagai pertanda tepat setahun yang lalu di penghujung tahun 2019 Monkey Boots merilis single beratjuk "Strong Terus" yang sudah mulai akrab ditelinga para pendengar musik-musik dari Monkey Boots. 

Band yang digawangi Edwin Tuan Jenggo (vokal), Adam (lead guitar), Akbar Wau (gitar), Sake (bas), Ewok (drum), Zildjian (saxophone) dan di additional keyboard atau piano ada Dharmo Soedirman ini terus menyajikan karya-karya di tengah pandemi covid-19 yang tidak diketahui akan sampai kapan berakhir. 

Sementara itu, terkait single "Berdetak" dari Monkey Boots ini untuk pembuatan musik dan lirik diserahkan kepada Edwin Tuan Jenggo sebagai lead vocal. Dia  telah sejak lama memperkuat Monkey Boots sejak awal dibentuknya tahun 2004. 

Irama yang syahdu berbalut dengan sentuhan Jamaican sounds yang khas dengan sedikit eksplorasi di musik Monkey Boots ini membuat para pendengar merasakan hal yang berbeda kali ini dari sajian musik Monkey Boots dalam single "Berdetak". 

"Melalui single ‘Berdetak’, Monkey Boots kembali melakukan eksplorasi dalam bermusik dengan meramu salah satu elemen musik Jamaica yang bernama 'Lovers Rock' dengan sentuhan Jazz," ungkap Edwin dalam pers rilis yang diterima media online ini, Jumat (25/12/2020). 

Tampaknya kali ini Monkey Boots sangat pas dalam meramu racikan eksplorasi musik. Apalagi, dikatakan Edwin bahwa semakin pas lagi dirinya memberikan bait demi bait lirik cinta yang membuat pendengar dapat meresapi lebih dalam single "Berdetak" ini. 

"Dipadukan dengan lirik cinta, 'Berdetak' seakan menjadi sebuah statement dari Monkey Boots bahwa mereka tidak ingin terperangkap dalam menghadirkan sebuah karya," tuturnya. 

Karya terbaru dari Monkey Boots bertajuk "Berdetak" ini menceritakan kisah cinta seorang pria bernama Hendri (28) dan Eka (26) yang terpaksa harus berpisah dan memutuskan status hubungannya karena tidak direstui oleh kedua orang tua mereka. Gara-garanya satu hal, yakni perbedaan keyakinan. 

"Eka mengucap terima kasih kepada Hendri yang telah hadir di kehidupannya serta dapat ikhlas menerima kenyataan. Dia berharap agar dapat saling membahagiakan bukan saling mematahkan," jelasnya. 

Meskipun pada akhirnya tidak mendapat restu dari orang tua terkait hubungan dua insan ini, disebutkan bahwa sosok Hendri minimal sudah pernah berbicara dan berbagi soal rasa cinta. 

Sementara itu, untuk lagu "Berdetak",  Monkey Boots mempercayakan kepada Benji Studio untuk merekam lagu "Berdetak". Sedangkan untuk proses mixing dan mastering, sosok Pemil dipercaya untuk membuat lagu "Berdetak" dapat dikonsumsi oleh masyarakat luas. 

Untuk karya visual dalam peluncuran single "Berdetak",  Monkey Boots dibantu oleh Gil Trimurti sebagai director of photography dan Rona Rana sebagai camera person. 

Sebagai informasi, mengulas sedikit mengenai lovers rock merupakan suatu genre music Jamaica Sounds yang mulai populer pada akhir tahun 1960-an di Jamaica. Genre tersebut berada di antara era rocksteady dan early reggae dengan karakteristik musik yang lebih romantis dan banyak menghadirkan lirik yang bertemakan cinta dan patah hati. 

"Genre musik ini kemudian berkembang dan menjadi popular di Inggris pada era 1970-an, dengan nama-nama musiai seperti Dennis Bovell dan Carroll Thompson yang menjadi figur penting dalam perkembangan awal. Mereka sering disebut sebagai King and Queen of Lovers Rock," terangnya. 

Tak perlu berlama-lama lagi, sebuah single bertajuk "Berdetak" dari Monkey Boots dapat kalian nikmati melalui saluran platform digital yang sudah ada. Nikmati dan resapi dari setiap nada dan lirik syahdu dari Monkey Boots.

Topik
Monkey BootsJamaican Soundssingle album

Berita Lainnya

Berita

Terbaru